Pemkab Batang Anggarkan Rp10 Miliar untuk Pembangunan PSDKU Undip

  • Whatsapp

BATANG, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada tahap pertama menganggarkan pembangunan gedung kampus program studi di luar kampus utama (PSDKU) Universitas Diponegoro di Desa Tumbrep, Kecamatan Bandar sebesar Rp10 miliar.

Bupati Batang Wihaji di Batang, Selasa, mengatakan bahwa anggaran sebesar Rp10 miliar tersebut akan dipergunakan untuk membangun gedung berlatai tiga yaitu ruang kuliah, ruang dosen, serta ruang administrasi dan perkantoran.

“Berdirinya PSDKU Undip di Batang ini diharapkan dapat meningkatkan nilai indeks pembangunan manusia (IPM) di daerah setempat. Selain itu, juga untuk mendukung program tahun kunjungan wisata 2022,” katanya.

Menurut Wihaji, kampus Undip di Batang akan didesain sebagai “Kampus Hijau” yang ramah lingkungan untuk mendukung potensi wisata di daerah ini.

Pemkab, kata dia, juga telah menyerahkan sertifikat hibah tanah seluas 9,4 hektare pada Undip Semarang untuk pembangunan gedung dan fasilitas lainnya untuk keperluan pendidikan.

“Keberadaan kampus Undip memiliki efek multi karena selain berfungsi sebagai pusat pendidikan namun juga membuka simpul ekonomi baru,” katanya.

Assisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Kabupaten Batang Retno Dwi Irianto mengatakan tim perencana pembangunan kampus telah melakukan kunjungan ke lokasi yang akan dibangun gedung kampus di Desa Tumbrep, belum lama ini.

Kunjungan tim perencana ini, kata dia, dipimpin oleh Kepala Bidang Perencana Undip Prof Dr Ir Purwanto, didampingi Direktur PSDKU, dan Dekan Fakultas Peternakan Dr. Ir. Bambang WHEP.

“Perencanaan kawasan kampus ini akan disinergikan dengan perencanaan kebijakan makro pemerintah daerah. PSDKU Undip di Batang sudah dua tahun berdiri dan menempati bekas gedung kantor Dinas Pertanian yang digunakan prodi D-3 Administrasi Pajak dan D-3 Hubungan Masyarakat,” katanya. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *