Bulog Akan Salurkan Beras Bansos ke 10 Juta Keluarga

  • Whatsapp
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso saat konferensi pers di Kantor Pusat Bulog Jakarta, Selasa.

JAKARTA, Jowonews.com – Perum Bulog segera menyalurkan bantuan sosial (bansos) beras Presiden kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ada di seluruh Indonesia sebagai bantuan untuk warga terdampak COVID-19.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan BUMN Pangan tersebut telah sukses menyelesaikan penugasan dari Pemerintah untuk menyalurkan beras bansos pada tahap I dan II kepada 3,25 juta warga di Jabodetabek.

Bacaan Lainnya

“Bulog akan menyalurkan kembali di seluruh Indonesia dalam satu bulan, kita harus bisa mendistribusikan untuk tahap pertama ini ada 10 juta KPM, yang masing-masing KPM mendapatkan 15 kilogram beras,” kata Budi Waseso pada konferensi pers di Kantor Pusat Bulog Jakarta, Selasa.

Budi Waseso atau akrab disapa Buwas menjelaskan bahwa untuk penyaluran bansos beras ini, Bulog sudah menyiapkan stok sebesar 900.000 ton beras hingga akhir Desember, sesuai dengan penugasan yang diberikan oleh Pemerintah.

Rencananya, bantuan ini akan disalurkan secara bertahap, yakni sebanyak 450.000 ton beras untuk tiga bulan ke depan, dan 450.000 ton untuk tahap berikutnya.

“Untuk tahun ini kemungkinan 900.000 ton yang harus disiapkan untuk penyaluran bansos sampai bulan Desember, tetapi nanti tergantung penugasannya,” kata Buwas.

Buwas pun menegaskan bahwa stok beras yang dikelola Bulog dalam kondisi aman, yakni sebanyak 1,4 juta ton. Bulog pun masih akan melakukan penyerapan, terutama pada musim panen kedua sekitar September-November.

Ada pun beras yang didistribusikan untuk program Bansos Presiden ini menggunakan beras premium yang berasal dari petani lokal di Tanah Air.

Dalam menyukseskan program tersebut, Bulog melibatkan armada pada tahap 1 sebanyak 10.847 unit truk dan tahap 2 sebanyak 10.027 unit truk.

Distribusi dilakukan dengan asumsi rata-rata paket terkirim per hari sebanyak 80.970 paket di tahap I dan di tahap II rata-rata paket terkirim per hari sebanyak 135.616 paket. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *