Ringankan Dampak Pandemi, UMP Gratiskan Biaya Kuliah Mahasiswa

  • Whatsapp
Universitas Muhammadiyah Purwokerto (Foto: Dok UMP)

PURWOKERTO, Jowonews- Kebijakan perguruan tinggi ini layak diapresiasi. Di saat banyak institusi pendidikan tetap mengenakan biaya normal, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) malah menggratiskan biaya kuliah mahasiswanya.

Biaya kuliah gratis ini berlaku selama satu semester bagi 750 calon mahasiswa baru yang mendaftar di perguruan tinggi itu.

Bacaan Lainnya

“Ini Program Kemerdekaan. Kami berikan 750 kuota ‘free’ biaya SPP tetap semester satu untuk calon mahasiswa baru yang registrasi pada tanggal 17-19 Agustus 2020. Kami berharap kebijakan ini selain dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, juga bisa meringankan beban masyarakat dengan situasi ekonomi yang tak menentu saat ini,” kata Rektor UMP Dr. Anjar Nugroho di Purwokerto, Sabtu (15/8), sebagaiman dilansir Antara.

Ia mengatakan UMP selalu berkomitmen dalam membangun negeri. “Oleh karena ìtulah kenapa ‘tagline’ kami, UMP untuk Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut, Rektor mengatakan pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap banyak sektor.

Menurut dia, kondisi tersebut telah membuat sebagian orang tua sulit menyekolahkan anaknya, apalagi untuk menempuh pendidikan tinggi.

“Saya harap para orang tua mahasiswa tidak perlu mengkhawatirkan biaya kuliah, karena ada kuota ‘free’ biaya SPP Tetap untuk 750 mahasiswa baru pada semester pertama,” tegasnya.

Seleksi Ujian Tulis

Sementara itu, Kepala Biro Publikasi dan Admisi (BPA) UMP Dr. Yudha Febrianta menginformasikan, setelah membuka seleksi melalui Jalur Minat Prestasi, kata dia, kini UMP membuka jalur seleksi melalui nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020.

“UTBK adalah salah satu jalur pendaftaran bagi calon mahasiswa baru UMP yang merupakan Kampus Terbaik di Purwokerto dan peringkat kelima Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) terbaik di Indonesia ini,” katanya.

Menurut dia, jalur ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2020, 2019, dan 2018 untuk mengikuti seleksi. Ada 35 program studi, baik program diploma maupun sarjana yang ditawarkan..

“Adapun informasi Seleksi Jalur Nilai UTBK UMP 2020, ketentuan seleksi khusus Farmasi harus dari SMA IPA/SMK Jurusan Farmasi dengan persyaratan umum mengikuti alur pendaftaran ‘online’ melalui laman utbk.pmb.ump.ac.id, ‘upload’ sertifikat UTBK, ‘upload’ bukti tes kesehatan, tidak buta warna, bebas dari napza (untuk Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan), dan melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp200.000,” katanya.

Sementara untuk alur pendaftarannya, yakni membayar biaya pendaftaran di Bank BRI/Jateng Syariah/Mandiri Syariah sebesar Rp200.000,. Kemudian akses dan login laman utbk.pmb.ump.ac.id dengan menggunakan nomor pendaftaran yang didapat dari bank.

Selanjutnya, mengisi formulir data diri, unggah dokumen (sertifikat UTBK) dan memilih program studi, verifikasi dokumen, dan pengumuman. Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima bisa mengunduh pengumuman dan rincian biaya melalui laman utbk.pmb.ump.ac.id.

“Untuk jadwal pendaftaran ‘online’, yakni dimulai pada 5 Juli hingga 30 September 2020. Pengumuman setiap hari atau ‘One Day Service’. Info lengkap dapat diakses melalui laman Penerimaan Mahasiswa Baru UMP pmb.ump.ac.id,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *