TIPS: Manfaatkan Kulit Telur Untuk Berkebun

  • Whatsapp
Telur Sebagai Pupuk

Hai CGrower

Kulit telur biasanya kita lempar begitu saja ke tong sampah.
Mulai sekarang, hentikan kebiasaan itu!

Bacaan Lainnya

Karena kulit telur itu ternyata bisa kita manfaatkan untuk kegiatan berkebun..Alih-alih hanya menjadi sampah, kulit telur bisa diolah menjadi pupuk atau pestisida alami pengendali hama tanaman.

Kok bisa? Ya, karena sekitar 90% kulit telur adalah CaCo3, alias kalsium karbonat .

Mineral utama yang disimpan kulit telur adalah kalsium ,salah satu unsur hara penting yang dibutuhkan tanaman. Kalsium juga berfungsi sebagai penetral keasaman tanah.

Secara lengkap, berikut beberapa kegunaan kulit telur dalam kegiatan berkebun:

Pupuk
Kalsium dalam kulit telur dapat dijadikan pupuk agar tanaman tidak kerdil, bunga tidak mudah gugur, tidak gagal berbuah dan tidak mudah terserang hama.
Hal ini karena, kalsium adalah mineral yang penting bagi pembentukan sel baru serta perangsangan pertumbuhan akar. Kalsium juga berguna untuk memacu terbentuknya buah dan biji.

Penetral Keasaman Tanah
Kulit telur bisa berperan sebagai pengganti dolomit. Yaitu mengubah tanah yang tingkat keasamannya tinggi (pH rendah) menjadi lebih basa (pH nya naik) atau ke arah netral (pH 7.0)
Bila tanah terlalu asam (pH-nya terlalu rendah), maka akan mengganggu aktivitas mikroorganisme alami tanah. Dan pada akhirnya akan mengganggu asupan nutrisi ke tanaman juga. Karenanya menjadi penting untuk menetralkan tanah dalam kegiatan berkebun.

Sebagai Pengendali Hama Tanaman
Selain menjadi pupuk organik, kulit telur juga dapat menjadi pestisida alami. Hama-hama yang dapat dibasmi dengan kulit telur antara lain: hama siput, kutu putih, dan kumbang.
Ketika ingin menghalau hama siput misalnya, cukup dengan membuat pagar tanaman dari taburan serbuk atau remahan kulit telur. Serbuk atau remahan kulit telur ini lalu disebar mengelilingi bagian dasar tanaman yang disukai siput .

Campuran Bahan Komposter
Remahan kulit telur juga bagus dicampurkan ke dalam komposter. Kandungan di dalamnya dapat memperkaya mikroorganisme yang ada.

Wadah Semai
Karena bentuknya unik, cangkang telur ini juga bisa digunakan sebagai wadah semai yang menarik. Namun pastikan kulit telurnya tidak pecah berantakan ya.

Selanjutnya, cara pengolahan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *