Jowonews

Arab Saudi Kembali Sambut Jamaah Umrah

JEDDAH, Jowonews- Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, kembali menyambut kelompok jamaah umrah untuk pertama kalinya di tengah pandemi Covid-19 pada Ahad pagi waktu setempat. Ini merupakan kelompok jamaah pertama setelah lebih dari enam bulan vakum–kecuali di masa Haji. Umat muslim yang ingin memasuki masjid tersebut perlu mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi Eatmarna yang dikelola oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. Sebelumnya, Arab Saudi mengambil keputusan untuk mencegah penularan Covid-19 dengan menangguhkan ibadah umrah dan ibadah harian di masjid-masjid, termasuk Masjidil Haram, mulai pertengahan Maret. Kerajaan Arab Saudi juga menutup penerbangan internasional dan memberlakukan aturan karantina wilayah sebagai langkah pencegahan wabah lainnya. 6000 Jemaah Per Hari Kini, untuk mengakomodasi 6.000 jamaah saja per hari, Kementerian Haji dan Umrah telah menyiapkan lima titik temu. Antara lain Al-Gaza, Ajyad, dan Al-Shasha, di mana para jamaah akan bertemu dan bergabung dengan petugas medis di dalam bus menuju Masjidil Haram. Dalam menyambut kedatangan kelompok jamaah pertama, kamera pengukur suhu dipasang di pintu-pintu masuk dan di dalam halaman Masjidil Haram untuk memonitor suhu tubuh jamaah dan mengirimkan peringatan jika diperlukan. Hal itu telah direncanakan sejak pandemi mulai masuk ke wilayah itu, untuk menjamin keamanan para jamaah serta memungkinkan respons cepat terhadap keadaan yang berpotensi kasus Covid-19. Sekitar 1.000 petugas telah mendapat pelatihan untuk mengawasi pelaksanaan ritual ibadah umrah di Masjidil Haram, tulis Antara mengutip Arab News. Kompleks masjid juga akan dibersihkan 10 kali dalam sehari di sela-sela pergantian kelompok jamaah. Termasuk di bagian yang biasanya dipadati jamaah, seperti air mancur, karpet, dan toilet. Eskalator menuju lantai atas dilengkapi dengan alat pembersih, tempat cuci tangan disediakan di sejumlah titik masuk masjid. Selain itu, sistem pendingin udara juga dilengkapi dengan teknologi sanitasi ultraviolet, dengan jadwal pembersihan enam kali sehari. Otoritas juga meluncurkan sejumlah inisiatif, termasuk Kammamat atau penggunaan masker.

Bank Mandiri, Salah Satu Perusahaan Terbaik Asia 2020

JAKARTA, Jowonews- Bank Mandiri terpilih menjadi salah satu korporasi terbaik di Asia tahun 2020. Penilaian ini datang dari media internasional bidang sumber daya manusia (SDM), HR Asia. “Pengakuan ini merupakan buah dari konsistensi perseroan untuk terus berinovasi melalui rangkaian program budaya kerja yang mengadopsi perkembangan terkini di dunia kerja,” kata Direktur Kepatuhan dan SDM Bank Mandiri Agus Dwi Handaya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (4/10). Menurut dia, syarat yang ditentukan media tersebut adalah perusahaan terpilih harus memiliki kriteria utama yakni tingkat keterlibatan pegawai menggunakan survei Total Engagement Assesment Model (TEAM), yang disusun HR Asia. Ada tiga parameter utama yang diukur yaitu CORE (collective organisation for real engagement), SELF (heart, mind, dan soul), dan GROUP (think, feel, dan do). Dia menjelaskan program budaya One Heart One Mandiri sebagai modal, dengan kepemimpinan hadir untuk berinteraksi secara intensif dan memberi semangat kepada pegawai. Selama pandemi, kekhawatiran pegawai terhadap kemungkinan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan pengurangan keuntungan berhasil diminimalisasi melalui komunikasi intensif dan strategi keuangan yang kuat. “Kepedulian tinggi kami terhadap kondisi finansial, motivasi, dan kesehatan pegawai juga berhasil meningkatkan keterlibatan pegawai selama pandemi,” katanya sebagaimana dilansir Antara. Saat ini, Bank Mandiri memiliki jumlah pegawai tetap mencapai 38.566 orang. Sebanyak 70 persen di antaranya merupakan pegawai milenial, sehingga menjadi tantangan dalam pengelolaan di tengah pandemi. Untuk itu, lanjut dia, bank BUMN ini menerapkan strategi untuk memastikan kondisi pegawai yang termotivasi, keahlian yang tinggi, serta kinerja yang baik sehingga dapat memberikan pengalaman kerja dan mendukung bisnis yang berkelanjutan. Bagi Agus, penghargaan ini juga menunjukkan Bank Mandiri diakui oleh lembaga internasional sebagai salah satu tempat kerja pilihan sekaligus pengakuan terhadap strategi pengembangan SDM. “Momentum pemberian penghargaan yang berbarengan dengan perayaan HUT ke-22 Bank Mandiri membuat anugerah ini seakan-akan menjadi hadiah terbaik untuk segenap karyawan dan pemegang saham perseroan,” katanya.

Timnas U-19 Pindah Kota Pemusatan Latihan di Kroasia

KROASIA, Jowonews- Tim Nasional Indonesia U-19 pindah ke kota Split dalam rangka lanjutan pemusatan latihan (TC) selama di Kroasia. Para pemain dan ofisial pindah pada hari Jumat (3/10) dengan menggunakan bus. Setelah menempuh perjalanan selama enam jam dari Svati Martin na Muri ke Split, pemain langsung makan malam dan istirahat. Sementara pada Sabtu (3/10) kemarin, pelatih timnas U-19, Shin Tae-yong memberikan libur latihan kepada pemain. Garuda Muda kembali akan digenjot latihan oleh pelatih Shin Tae-yong pada hari Ahad (4/10) ini. “Setelah sebulan di kota Svati Martin na Muri dan Zagreb kami pindah tempat ke Split. Disini lebih hangat dan suasana yang berbeda dibanding tempat TC sebelumnya. Hari Sabtu ini (kemarin, Red) kami mendapat libur latihan latihan dari pelatih, kami memanfaatkan dengan istirahat,”kata gelandang timnas U-19, David Maulana, sebagaimana dikutip Jowonews dari laman PSSI, Ahad (4/10). Selain menjalani latihan, PSSI juga telah menyiapkan program uji coba untuk timnas U-19. Tetap TC di Kroasia Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan tim nasional Indonesia U-19 melanjutkan TC di Kroasia pada bulan Oktober. Hal ini setelah Garuda Muda batal melanjutkan TC ke Turki. “PSSI memutuskan Timnas U-19 terus melanjutkan TC di Kroasia. Mereka tidak jadi ke Turki karena belum ada kepastian lawan uji coba. Kami selalu memantau perkembangan timnas U-19 setiap harinya dan mengapresiasi perkembangan positif pemain,” kata Mochamad Iriawan. Timnas U-19 sudah melakukan TC di Kroasia sejak 30 Agustus 2020. Garuda Muda saat ini sudah menjalani tujuh laga uji coba di Kroasia melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina (0-1), dan Dinamo Zagreb (1-0). TC di Kroasia sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar awal 2021 mendatang di Uzbekistan. Selain itu, Garuda Muda akan berlaga di ajang bergengsi yakni Piala Dunia U-20 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah.

Liga Spanyol Pekan Ini, Real Betis Teratas

JAKARTA, Jowonews- Real Betis menduduki pucuk klasemen sementara Liga Spanyol seusai menang di laga pekan kelima. Real Betis menggantikan Villarreal dan Real Sociedad yang sempat bergiliran menempati posisi itu dalam kurun waktu beberapa jam. Villarreal sebelumnya menggusur Getafe dari puncak klasemen berkat raihan satu poin dari Wanda Metropolitano setelah mengimbangi Atletico Madrid 0-0 pada Sabtu malam. Lantas dua jam berselang, Sociedad yang melumat Getafe 3-0 di Reale Arena mengambil alih posisi puncak. Dua jam sesudahnya, Betis merebut kepemimpinan klasemen sementara seusai mempecundangi Valencia 2-0 di Mestalla. Betis berada di posisi terdepan dengan raihan sembilan poin, diikuti Sociedad (8) dan Villarreal (8) di bawahnya. Posisi Betis belum sepenuhnya aman, sebab juara bertahan Real Madrid baru akan bermain pada Minggu malam bertandang ke markas Levante. Jika menang Real Madrid akan mengumpulkan 10 poin dan menggusur Betis. Sementara itu Eibar akhirnya merasakan kemenangan perdana mereka musim ini dengan menundukkan Valladolid 2-1 di Jose Zorrilla, untuk naik ke urutan ke-15 klasemen dengan koleksi empat poin. Selain Levante vs Real Madrid, empat pertandingan pekan kelima lain akan digelar pada Minggu malam hingga Senin dini hari WIB. Barcelona akan menjamu Sevilla di Camp Nou dan tentu mengharapkan kelanjutan kontribusi gemilang talenta muda Ansu Fati sejauh ini. Sedangkan Alaves yang akan menjamu Athletic Bilbao masih memburu kemenangan pertama mereka musim ini agar bisa meninggalkan dasar klasemen. Berikut jadwal Liga Spanyol pekan kelima (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama), seperti dilansir Antara: Sabtu (3/10) malam s.d. Minggu (4/10) dini hariValladolid 1 – Eibar 2 (Toni Villa 37′; Esteban Burgos p-29′, Kevin Rodrigues 90′)Atletico Madrid 0 – Villarreal 0Real Sociedad 3 – Getafe 0 (Mikel Oyarzabal p-28′, Mikel Merino 79′, Portu 81′)Elche 0 – Huesca 0Valencia 0 – Real Betis 2 (Sergi Canales 19′, Cristian Tello 74′) Minggu (4/10) malam s.d. Senin (5/10) dini hari17.00 Osasuna vs Celta Vigo19.00 Alaves vs Athletic Bilbao21.00 Levante vs Real Madrid23.30 Cadiz vs Granada02.00 Barcelona vs Sevilla

Liga Inggris Pekan Ini, Everton Masih Puncaki Klasemen

JAKARTA, Jowonews- Everton melanjutkan tren awal musim positif mereka untuk kembali ke puncak klasemen Liga Inggris setelah memenangi laga pekan keempat mereka. Menjamu Brighton & Hove Albion di Goodison Park, Sabtu (3/10), Everton menang 4-2. Dengan demikian Everton menyapu bersih empat laga pertama mereka musim ini. Rekor ini menyamai torehan serupa yang terakhir kali dilakukan 51 tahun silam. Tim besutan Carlo Ancelotti itu mengumpulkan 12 poin penuh untuk menggusur Leicester City (9) dan melompati Liverpool (9) yang baru main sehari kemudian. Dalam pertandingan lebih awal, Chelsea kembali ke jalur kemenangan dengan melumat tamunya Crystal Palace 4-0 di Stamford Bridge. Ben Chilwell yang melakoni debutnya berseragam Chelsea dalam laga itu menyumbangkan satu gol dan mengirimkan satu assist untuk mengirim Blues naik ke peringkat keempat dengan tujuh poin. Sementara itu, Manchester City harus puas satu poin ketika bertandang ke Leeds United dan ditahan imbang 1-1 setelah Ederson Moraes melakukan blunder dan dimanfaatkan Rodrigo Moreno. Sedangkan di St. James’ Park, Burnley dipaksa merasakan kekalahan ketiga dalam tiga pertandingan pertamanya setelah dibekuk Newcastle United 1-3. Leicester berpeluang kembali ke puncak klasemen apabila bisa mengalahkan tamunya West Ham United di Stadion King Power. Liverpool juga berkesempatan serupa saat bertandang ke markas Aston Villa. Pertandingan lain yang patut diamati adalah Manchester United menjamu Tottenham Hotspur di Old Trafford. Tiga tim lain masih memburu kemenangan perdana mereka musim ini. Yakni West Bromwich Albion yang bertandang ke markas Southampton, Sheffield United yang menantang Arsenal di Emirates serta Fulham yang menyambangi kandang Wolverhampton. Berikut jadwal dan hasil Liga Inggris pekan keempat (tuan rumah disebut pertama, dalam WIB) seperti dilansir Antara: Sabtu (3/10) malam s.d. Minggu (4/10) dini hariChelsea 4- Crystal Palace 0 (Ben Chilwell 50′, Kurt Zouma 66′, Jorginho p-78′, p-82′)Everton 4 – Brighton & Hove Albion 2 (Dominic Calvert-Lewin 16′, Yerry Mina 45+2′, James Rodriguez 52′, 70′; Neal Maupay 41′, Yves Bissouma 90+2′)Leeds United 1 – Manchester City 1 (Rodrigo Moreno 59′; Raheem Sterling 17′)Newcastle United 3 – Burnley 1 (Allan Saint-Maximin 14′, Callum Wilson 65′, p-77′; Ashley Westwood 61′) Minggu (4/10) malam s.d. Senin (5/10) dini hari18.00 Leicester City vs West Ham United20.00 Southampton vs West Bromwich Albion20.00 Wolverhampton vs Fulham20.00 Arsenal vs Sheffield United22.30 Manchester United vs Tottenham Hotspur01.15 Aston Villa vs Liverpool