Aston Villa Hajar Juara Bertahan Liverpool 7-2

  • Whatsapp
Liga Inggris

JAKARTA, Jowonews- Entah apa yang merasuki pemain Aston Villa Senin (5/10) dinihari WIB tadi. Aston Villa tampil menggila dan menghajar juara bertahan Liga Inggris Liverpool dengan skor telak 7-2 dalam laga pekan keempat di Stadion Villa Park, Birmingham.

Kemenangan membuat Villa menyapu bersih tiga pertandingan pertamanya demi menorehkan awal musim terbaiknya di kasta tertinggi sepak bola Inggris dalam 58 tahun terakhir.

Bacaan Lainnya

Dengan hasil itu, Villa yang musim lalu berkutat dalam pertarungan menghindari degradasi kini bercokol di peringkat kedua klasemen dengan raihan sembilan poin penuh. Sementara itu Liverpool (9) melorot ke urutan kelima, demikian catatan laman resmi Liga Inggris, sebagaimana dilansir Antara.

Rekrutan musim panas Ollie Watkins mengemas trigol dalam kemenangan tersebut. Prestasi itu membuatnya jadi pemain pertama yang berhasil mencatat raihan itu ke gawang Liverpool dalam satu dekade terakhir.

Dimitar Berbatov jadi pemain terakhir yang menjebol tiga gol ke gawang Liverpool untuk Manchester United di Old Trafford pada 19 September 2010.

Absennya kiper utama Alisson Becker yang cedera dan Sadio Mane yang beberapa hari lalu positif Covid-19, terasa benar di kubu Liverpool. Sebab kiper pelapis Adrian San Miguel memperlihatkan distribusi bola yang jauh di bawah standard. Sedangkan lini depan Liverpool kehilangan sentuhan khas Mane.

Empat menit memasuki pertandingan, Adrian melakukan blunder ketika umpannya terlalu deras untuk dikejar Joe Gomez dan bola direbut Jack Grealish untuk diteruskan kepada Watkins yang tinggal melakukan sontekan mudah demi membuka keunggulan Villa.

Liverpool berusaha bangkit tapi serangan mereka bisa diredam. Dan Villa sepanjang laga tampil efektif memanfaatkan ruang yang tercipta karena garis pertahanan tinggi yang diterapkan para pemain Liverpool.

Watkins mencetak gol keduanya setelah memperdaya Gomez dan melepaskan tembakan keras ke pojok tiang jauh menggandakan keunggulan Villa pada menit ke-22.

Salah Cetak 2 Gol

Liverpool sempat membalas melalui sepakan Mohamed Salah memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti pada menit ke-33. Tetapi dua menit kemudian Villa merestorasi keunggulan dua gol berkat sepakan voli John McGinn yang sempat membentur Virgil van Dijk dan arahnya berbelok mengecoh Adrian.

Villa terus menggila dan pada menit ke-39 Watkins melengkapi raihan trigol dengan sundulan mudah menyambut umpan tarik Trezeguet yang sebelumnya lolos dari kawalan.

Villa menutup babak pertama dengan keunggulan meyakinkan 4-1.

Saat turun minum Juergen Klopp berusaha mengatasi masalah dengan memasukkan Takumi Minamino menggantikan Naby Keita. Tetapi masalah baru muncul dari kegagalan lini tengah Liverpool menjaga penguasaan bola yang berkali-kali membuat Villa bisa menciptakan peluang.

Pada menit ke-55, Barkley menandai debutnya sebagai pemain pinjaman dari Chelsea dengan sebuah gol untuk memperbesar keunggulan Villa jadi 5-1, lewat tembakan yang kembali dibantu benturan dari kaki Trent Alexander-Arnold.

Salah mencetak gol keduanya lima menit kemudian untuk memperkecil ketertinggalan 2-5. Tapi tak ada momentum kebangkitan bagi Liverpool.

Pada menit ke-66 sebuah gol yang dibantu benturan terjadi lagi, ketika tembakan Grealish menyelesaikan umpan Watkins sempat berbelok mengecoh Adrian setelah terkena badan Fabinho.

Garis pertahanan tinggi kembali jadi senjata makan tuan bagi Liverpool . Pada menit ke-75 saat Grealish lolos dari jebakan offside dan menyelesaikannya dengan sontekan kecil memperdaya Adrian.

Villa beberapa kali mengancam dan berpeluang menambah gol lagi. Tapi ketika peluit tanda laga usai berbunyi tak ada gol lagi yang terjadi.

Liga Inggris akan memasuki jeda internasional selama dua pekan sebelum Villa maupun Liverpool kembali bermain.

Villa akan bertandang ke markas Leicester City pada Sabtu (17/10), beberapa jam setelah Liverpool menjalani Derby Merseyside edisi perdana musim ini di markas Everton.

Susunan pemain:

Aston Villa (4-3-3): Emiliano Martinez; Matty Cash (Ahmed Elmohamady), Ezri Konsa, Tyrone Mings, Matt Targett; John McGinn, Douglas Luiz (Marvelous Nakamba), Ross Barkley; Trezeguet (Bertrand Traore), Ollie Watkins, Jack Grealish
Pelatih: Dean Smith

Liverpool (4-3-3): Adrian San Miguel; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez (Curtis Jones), Virgil van Dijk, Andy Robertson; Naby Keita (Takumi Minamino), Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino (James Milner), Diogo Jota
Pelatih: Juergen Klopp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *