DPR Dorong Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan Jawa Tengah

  • Whatsapp

JAKARTA, Jowonews- Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto menyatakan, pihaknya mendorong berbagai langkah strategis dan terintegrasi guna mempercepat pembangunan ekonomi kawasan di Provinsi Jawa Tengah, selaras dengan Peraturan Presiden No. 79/2019.

“Diperlukan strategi yang tepat, memiliki arah pembangunan yang merata, terarah, fokus, dan terukur guna meningkatkan daya saing kawasan yang berdampak pada pertumbuhan investasi dan peningkatan perekonomian nasional yang terintegrasi dan berkelanjutan serta mendatangkan manfaat sosial ekonomi bagi masyarakat di sekitarnya,” kata Dito dalam rilis, Ahad (10/10), sebagaimana dilansir Antara..

Bacaan Lainnya

Komisi XI DPR RI telah melakukan kunjungan kerja ke Semarang, Jawa Tengah, pada 8 Oktober 2020 lalu.

Menurut Dito, guna mendukung percepatan pembangunan ekonomi tersebut, maka pihaknya meminta PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia atau PT PII (Persero) sebagai BUMN di bawah Kementerian Keuangan memberikan penjaminan atas proyek infrastruktur pemerintah.

Selain itu, ia juga mendorong agar PT. SMI (Persero) yang merupakan salah satu Special Mission Vehicles (SMV) yang bergerak di bidang pembiayaan dan penyiapan proyek infrastruktur, untuk terus mendukung Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan di Provinsi Jawa Tengah.

“Terkait dengan Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan di Provinsi Jawa Tengah tersebut maka diperlukan skema pendanaan yang didukung oleh PT. SMI dan penjaminan infrastruktur yang dilakukan oleh PT. PII dalam pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 79 Tahun 2019,” jelas Dito.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam paparannya menyebutkan skenario yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah yakni dengan cara antara lain mendorong investasi industri strategis, pembangunan infrastruktur, penguatan SDM, mendorong ekspor-TPT, substitusi impor, dan pengembangan sektor pariwisata.

“Penerbitan Perpres Nomor 79 Tahun 2019 ini sejalan dengan skenario pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah yang tinggi, menyebar, dan inklusif,” kata Gubernur Jawa Tengah.

Menurut Ganjar, Pemprov Jawa Tengah dalam hal ini meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi kawasan yang berdampak pada perokonomian regional dan nasional.

Untuk itu, ujar dia, Pemprov Jawa Tengah mendukung dan memberikan nilai tambah pembangunan delapan kawasan prioritas yang berbasis kerja sama regional.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *