Hujan Lebat, Waspadai Bencana Hidrometereologi

  • Whatsapp
ilustrasi hujan

PURBALINGGA, Jowonews- Warga dihimbau waspadai bencana hidrometeorologi menyusul adanya potensi hujan dengan intensitas tinggi dalam beberapa hari ke depan.

“Waspadai bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor ataupun angin kencang,” kata Pejabat Sementara Bupati Purbalingga Sarwa Pramana di Purbalingga, Rabu (28/10).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan informasi dari BMKG ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi selama beberapa hari ke depan di sejumlah wilayah di Jawa Tengah, termasuk Purbalingga.

“Kami mengajak warga yang tinggal di lokasi rawan bencana untuk hati-hati dan waspada, segera laporkan kepada pihak terkait apabila menemukan tanda-tanda rekahan tanah terutama saat hujan lebat dengan durasi yang lama,” katanya sebagaimana dilansir Antara.

Ia juga berharap masyarakat memanfaatkan momentum libur panjang akhir Oktober 2020 dengan tetap di lingkungan masing-masing sambil menyiapkan diri dan lingkungan dalam menghadapi potensi bencana.

“Kami berharap masyarakat lebih memilih memanfaatkan libur panjang dengan tetap di lingkungan masing-masing sambil menyiapkan diri dan lingkungan dalam menghadapi potensi bencana saat musim hujan, namun jika tetap harus berpergian, terutama ke luar kota harus patuhi protokol kesehatan,” katanya.

Pantau Cuaca

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie menginformasikan bahwa wilayah Purbalingga dan kabupaten lain di sekitarnya berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat saat libur panjang akhir Oktober 2020.

“Purbalingga dan kabupaten lain seperti Banjarnegara, Banyumas, Kebumen dan lainnya berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dengan durasi yang beragam,” katanya.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, pihaknya mengingatkan masyarakat di wilayah ini untuk meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian.

“Meskipun sedang menikmati momentum libur panjang namun perlu tetap hati-hati terutama mereka yang tinggal di lokasi rawan bencana,” katanya.

Dia juga mengajak masyarakat untuk selalu mengecek kondisi cuaca secara berkala melalui media sosial dan kanal-kanal resmi milik BMKG lainnya.

“Kami mengajak warga untuk terus memantau informasi cuaca. Hal tersebut penting karena ada kemungkinan hujan lebat selama beberapa hari ke depan,” katanya.

Dia mengatakan BMKG Banjarnegara akan terus bersinergi dengan pihak terkait dalam rangka menyebarluaskan informasi cuaca ke masyarakat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *