Solo Masifkan Penelusuran Kontak Erat Covid-19

  • Whatsapp
ILUSTRASI

SOLO, Jowonews- – Pemerintah Kota Surakarta memasifkan penelusuran kontak erat kasus Covid-19 untuk meminimalisasi penyebaran virus corona jenis baru tersebut di Solo, Provinsi Jawa Tengah.

“Yang utama bagi saya adalah tetap melakukan ‘tracing’ (penelusuran) yang kencang. Daripada kami biarkan malah banyak yang meninggal dunia,” kata Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo di Solo, Kamis (26/11)

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan karena masif penelusuran dan libur panjang Maulid Nabi Muhammad beberapa waktu lalu, terjadi lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Solo.

Bahkan, dalam satu bulan terakhir temuan penambahan jumlah kasus positif mencapai lebih dari 1.000 kasus.

Ia mengakui merasakan dilema terkait dengna upaya pencegahan penularan Covid-19. Ketika pihaknya harus melakukan penelusuran dan Pemkot Surakarta mengeluarkan biaya yang cukup besar, dinilai tidak bisa mengendalikan penyebaran.

Sedangkan jika tidak melakukannya akan makin salah. Karena tidak banyak yang ditemukan, tetapi yang meninggal dunia cukup banyak.

Selain aktif melakukan penelusuran, katanya, dalam menghadapi libur akhir tahun ini pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan mudik hingga vaksin tersedia.

“Harapan saya libur panjang besok bisa diubah (ditiadakan, red.). Tetapi kalau seandainya mudik ya ditahan dulu. Tahun baru kalau perlu ada operasi yustisia KTP,” katanya sebagaimana dilansir Antara.

Mengenai ketersediaan vaksin Covid-19, kata dia, sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut dari pemerintah pusat.

“Kalau kabar kapannya memang belum, tetapi nanti kalau sudah ada yang pertama kali divaksin kan tenaga kesehatan dulu, kedua TNI/Polri, dilanjutkan ASN, baru masyarakat,” katanya.

Untuk segera memulai pemberian vaksin, pihaknya akan memperoleh surat dari Kementerian Kesehatan RI terlebih dahulu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *