Jalan Layang Purwosari Solo Segera Beroperasi

  • Whatsapp
ILUSTRASI

SOLO, Jowonews- Jalan layang atau flyover Purwosari Kota Surakarta dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Secara progress fisik sudah mencapai 97,2 persen, artinya untuk menuju 100 persen hanya kurang pengerjaan minor, seperti pemasangan lampu dan pemarkaan,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.6 Provinsi Jawa Tengah Kementerian PUPR Alik Mustakin di sela uji coba flyover Purwosari, Kamis (17/12).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan kendaraan warga dapat melewati jalan layang ini pada uji coba flyover selama enam hari yaitu tanggal 21-26 Desember 2020.

Namun, tambah dia, infrastruktur jalan dengan nilai kontrak Rp104,6 miliar ini kembali ditutup sementara usai ujicoba untuk penyelesaian beberapa pekerjaan.

“Tahun baru tidak kami buka karena kami masih ada pekerjaan di luar pekerjaan kontraktual kita. Pak wali (Wali Kota Surakarta) sudah bersurat dan minta ada pembangunan beberapa ikon di flyover ini,” katanya sebagaimana dilansir Antara.

Ia mengatakan salah satu ikon yang akan dibangun di flyover ini adalah patung penari gambyong dengan filosofi ucapan selamat datang ke Kota Solo.

“Kalau secara kontraktual rencana selesai 100 persen pada 31 Maret 2021. Itu sudah termasuk pekerjaan tambahan tetapi kami dari pelaksana proyek dan Wijaya Karya sebagai pelaksana pekerjaan akan upayakan secepat mungkin. Target internal kami selesai akhir Januari 2021,” kata Alik.

Ia mengatakan flyover yang terbentang dari simpang tiga Kerten hingga simpang empat Purwosari memiliki panjang 1 kilometer. Jalan tersebut akan terbagi menjadi dua lajur yang dilengkapi dengan bahu jalan masing-masing selebar 2,5 meter di sisi kanan dan kiri.

Sementara itu, Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Surakarta Mudo Prayitno mengatakan saat ini tengah dilakukan uji coba internal dengan melibatkan kendaraan mulai dari sepeda motor, mobil, truk, hingga bus.

“Kalau dari sisi fungsi, Alhamdulilah sudah bisa difungsikan sebagai lalu lintas. Memang ada fitur yang masih harus dilengkapi, nanti malam juga akan ujicoba lagi untuk memastikan kelaikan, salah satunya dari sisi penerangan jalan,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *