Batang Luncurkan Destinasi Taman Buah Seluas 25 Hektar

  • Whatsapp
ILUSTRASI

BATANG, Jowonews- Ada destinasi wisata baru di Batang, Jawa Tengah. Pemerintah setempat meluncurkan eduwisata taman buah di lahan bengkok desa seluas 25 hektare di Desa Kalasalak, Kecamatan Limpung.

Bupati Batang Wihaji di Batang, Kamis (31/12), mengatakan bahwa konsep eduwisata taman buah ini akan menguntungkan pemerintah desa sekaligus petani penggarap. Mereka akan mendapatkan pendampingan dan bibit buah serta menikmati hasil tanamannya.

Bacaan Lainnya

“Demikian pula, nantinya pemerintah desa juga mendapatkan hasil dari sewa tanah dan pendapatan dari tiket eduwisata taman buah,” katanya sebagaimana dilansir Antara.

Selain pendampingan dari Dinas Pertanian, kata dia, eduwisata taman buah Desa Kalisalak juga akan juga mendapatkan dukungan dari Kementerian Pertanian melalui Dirjen Hortikultura.

Dirjen Hortikultura, kata dia, sudah menunjuk petugas pendamping ahli dalam tanaman buah agar bisa tumbuh dan berbuah dengan hasil panen yang baik.

“Pada kebun eduwisata ini akan ditanami buah seperti durian, kelengkeng, dan mangga yang diharapkan lima tahun ke depan menjadi sentra buah-buahan,” kata Bupati wihaji.

Petugas pendamping penanaman buah durian Tabah Harianto mengatakan bahwa dirinya hanya bertugas membantu para petani buah saat mulai menanam, merawat, berbuah, dan hingga pemasarannya.

“Semua biaya perawatan akan menggunakan dana desa karena saya sifatnya sebagai pendamping petani khusus durian. Pada lahan seluas 25 hektare ini akan ditanami 2.500 tanaman durian jenis Musang King, Bawor, dan durian duri hitam,” katanya.

Durian jenis seperti itu kini menjadi unggulan buah di Indonesia karena dagingnya kuning rasanya legit, ada paitnya, dan tidak berserat.

“Oleh karena, dengan memiliki nilai jual tinggi maka jenis durian ini diharapkan dapat mensejahterakan para petani. Tanaman durian ini rata–rata dapat berbuah setelah usia empat hingga produktifitasnya sampai 65 tahun,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *