Temanggung Tambah Desa Siaga Bencana

  • Whatsapp
ILUSTRASI

TEMANGGUNG, Jowonews Temanggung berencana menambah desa siaga dari 16 menjadi menjadi 20 di tahun 2021 ini.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung Dwi Sukarmei di Temanggung, Selasa (26/1), empat desa tambahan yang menjadi sasaran program pembentukan desa siaga bencana tahun 2021 meliputi Desa Tegalrejo di Kecamatan Ngadirejo, Desa Caturanom di Kecamatan Parakan, Desa Losari di Kecamatan Tlogomulyo, dan Desa Tlahab di Kecamatan Kledung.

Bacaan Lainnya

“Salah satu kriteria pembentukan desa kesiapsiagaan bencana karena di desa tersebut sering terjadi bencana,” katanya sebagaimana dilansir Antara.

Ia menjelaskan bahwa pada tahun 2020 pemerintah daerah sebenarnya berencana membentuk tiga desa siaga bencana. Namun hanya bisa merealisasikan pembentukan satu desa siaga bencana karena ada perubahan pengalokasian anggaran.

Menurut dia, pembentukan desa siaga bencana merupakan bagian dari upaya mitigasi untuk meminimalkan dampak bencana.

Kabupaten Temanggung sering menghadapi bencana tanah longsor. Menurut data BPBD, pada tahun 2020 ada 117 kejadian tanah longsor di wilayah Kabupaten Temanggung.

Wilayah kecamatan tercatat paling banyak mengalami bencana tanah longsor meliputi Kaloran (17 kejadian) dan Kecamatan Pringsurat (14 kejadian). Wilayah kecamatan yang lain rata-rata menghadapi tiga sampai lima kejadian tanah longsor.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *