Asparagus, Tanaman Budidaya yang Menjanjikan

  • Whatsapp
Asparagus

TEMANGGUNG, Jowonews- Budi daya asparagus merupakan salah satu tanaman alternatif yang menjanjikan bagi petani di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Ketua Asosiasi Petani Asparagus Temanggung (APAT) Basori Supriyanto di Temanggung, Ahad (28/2), menjelaskan bahwa asparagus tergolong tanaman baru yang dibudidayakan sejumlah petani di Temanggung.

Bacaan Lainnya

Selama ini Kabupaten Temanggung terkenal dengan hasil komoditas tembakau dan kopi.

“Asparagus bisa menjadi tanaman alternatif yang bisa dibudidayakan di Temanggung dengan hasil yang bagus,” katanya sebagaimana dilansir Antara.

Ketika dirawat dengan sungguh-sungguh, diberikan nutrisi dengan cukup dan selalu dibersihkan dari gulma, setiap 1.000 tanaman asparagus per tahun bisa menghasilkan satu ton rebung asparagus grade A dan B.

Menurut dia keuntungan budi daya asparagus karena merupakan tanaman tahunan, jadi satu kali tanam dia bisa hidup 10 tahun bahkan lebih tergantung perawatan.

“Selain itu, bisa dipanen setiap hari, dari 1.000 tanaman rata-rata per hari bisa menghasilkan 3-4 kilogram rebung, baik grade A, B, maupun grade C,” katanya.

Setiap hari petani bisa panen sampai sekian tahun. Guna menunjang hasil yang optimal tergantung petani sendiri, kalau merawatnya dengan baik dan memberikan pupuk tentu hasilnya juga sesuai harapan.

Basori menyebutkan harga rebung asparagus grade A maupun B di tingkat petani saat ini Rp30.000 per kilogram.

Pemasaran asparagus tidak ada kendala karena banyak permintaan. Hasil panen asparagus petani Temanggung saat ini memasok ke sejumlah kota, antara lain Bogor, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

Seorang petani asparagus warga Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Dina Listiana mengatakan pihaknya kini memiliki sekitar 9.000 tanaman asparagus, sebanyak 5.000 tanaman di antaranya sudah mulai panen.

“Sebanyak 5.000 tanaman tersebut, saat ini setiap hari bisa menghasilkan sekitar 5 hingga 7 kilogram rebung,” katanya.

Dalam perawatan tanaman asparagus memberikan pupuk NPK3, yang paling bagus sebenarnya menggunakan urine kelinci, namun stok urine kelinci sangat terbatas.

“Dengan budi daya tanaman asparagus ini diharapkan bisa meningkatkan kehidupan ekonomi para petani,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *