Gluconov, Alat Pintar Pendeteksi Diabetes

  • Whatsapp
ILUSTRASI

SEMARANG, Jowonews- Inovasi kembali dilakukan sekelompok mahasiswa yang menciptakan alat pintar pendeteksi diabetes militus. Alat yang diberi nama “Gluconov” ini diklaim tidak menimbulkan rasa sakit serta bisa terhubung ke telepon pintar.

Alat ini dirancang oleh empat mahasiswa dari Program Studi Teknis Biomedis Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Mereka adalah: Diana Almaas Akbar Rajah,Annelicia Eunice Arabelle, Nadiya Nurul dan Tee, Kevin Tedjasukmana.

Bacaan Lainnya

Diana dalam siaran pers di Semarang, Kamis, mengatakan Gluconov tidak akan menimbulkan luka di jari pasien seperti alat pengecek diabetes pada umumnya. Sementara akurasi alat ini diklaimnya mencapai hingga 95 persen.

“Dalam penggunaannya, jari tangan pasien diletakkan pada slot yang telah tersedia. Kemudian akan mendeteksi perubahan intensitas cahaya yang dimiliki oleh darah akibat dari paparan cahaya. Perubahan tersebut dihasilkan oleh pembiasan cahaya putih dengan keping polikarbonat,” katanya sebagaimana dilansir Antara.

Hasil pengukuran itu selanjutnya akan dikirim ke telepon pintar melalui jaringan wifi.

Ia menyebut alat ini nantinya bisa digunakan secara global.

Ia menambahkan alat tersebut akan dijual dengan harga Rp370 ribu per unit. Sementara aplikasi pengecek hasilnya bisa diunduh melalui play store.

Ia menuturkan Gluconov sempat menghasilkan penghargaan saat ditampilkan dalam ajang Asean Innovation Science and Entrepreneur Fair 2021.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *