Pengertian Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Beserta Contohnya

  • Whatsapp
  1. Hubungan Minat Baca dan Motivasi terhadap Hasil Belajar
  2. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar
  3. Pengaruh Bimbingan dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar
  4. Pengaruh Keluarga dan Minat Baca dengan Prestasi Belajar
  5. Pengaruh Media Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar
  6. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar
  7. Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar
  8. Pengaruh Motivasi Orang Tua dan Intensitas Belajar terhadap Hasil Belajar
  9. Perbandingan Hasil Belajar Antara Tugas Kooperatif dan Tugas Individu
  10. Perbandingan Metode Pembelajaran Ditinjau dari Minat Hasil Belajar
  11. Perbedaan Metode Kerja Kelompok dan Penugasan Individu pada Hasil Belajar
  12. Perbedaan antara Model Konvensional dan Konstruktivisme pada Hasil Belajar
  13. Perbedaan antara Model Bacaan Atas dan Bawah dalam Pemahaman Bacaan
  14. Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar
  15. Perbedaan Pembelajaran Kontekstual dan Konvensional ditinjau dari Motivasi Belajar

PERBEDAAN PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF – Dalam suatu penelitian terdapat dua metode yaitu kualitatif dan termasuk kuantitatif. Apa perbedaan kualitatif dan kuantitatif dalam metode penelitian? Kedua metode penelitian selanjutnya pada dasarnya memiliki objek yang sama, yaitu keduanya digunakan untuk mengumpulkan data.

Selain itu, seiring dengan metode ini, peneliti termasuk dapat mempertanggungjawabkan data yang telah dikumpulkan, serta segera melakukan penelitian dan observasi. Lalu, jika mereka memiliki objek akhir yang sama, di manakah perbedaan keduanya? Untuk mengetahui lebih jauh tentang perbedaan kedua metode penelitian tersebut, Anda bisa langsung membaca ulasan di bawah ini.

Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif

Berikut ini adalah beberapa perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif beserta contoh pada tesis, serta contoh menurut para ahli.

Perbedaan Data

Dari segi data yang diambil, keduanya memiliki perbedaan dalam hasil data yang diperoleh. Dalam metode kualitatif, hasil yang diperoleh berupa penjelasan, catatan observasi, dokumen, termasuk wawancara atau angket. Sedangkan jika penelitian menggunakan metode kuantitatif, data yang diperoleh biasanya berupa angka, pengkodean, perhitungan, pemetaan dan lain-lain.

Tujuan kedua metode ini tentu saja untuk mendapatkan data yang valid untuk melakukan studi terhadap beberapa item beserta observasi langsung. Dengan data yang valid dan pasti dapat dihasilkan penelitian yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan.

Perbedaan dalam hal benda

Dari segi objek penelitian, kedua metode ini berbeda. Dalam metode kualitatif dilakukan kajian untuk mengembangkan suatu konsep yang semula ada. Selain itu, penelitian kualitatif mencakup tujuan memicu orang untuk mengetahui lebih banyak tentang suatu teori dan termasuk mengembangkan teori yang sudah ada.

Sedangkan penelitian kuantitatif memiliki tujuan untuk menguji suatu teori. Selain itu, bersama dengan penelitian kuantitatif termasuk pemetaan, dapat diproduksi untuk memberikan deskripsi numerik dan statistik tambahan. Metode kuantitatif antara lain dapat digunakan untuk meyakinkan suatu fakta atau memasukkan prediksi pemicu tentang suatu teori yang dikeluarkan.

Perbedaan Dua Metode Sampling

Dalam hal pengambilan sampel, kedua metode ini memiliki perbedaan yang cukup banyak untuk diketahui juga. Jika metode pengambilan sampel kualitatif dilakukan bersamaan dengan metode non representatif maka peneliti dapat langsung mengamatinya, termasuk melalui telepon atau hal-hal lain. Responden penelitian kualitatif biasanya diikutsertakan lebih sedikit agar tidak terlalu sibuk melakukan penelitian.

Sedangkan untuk penelitian kuantitatif pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode representatif yaitu peneliti yang harus datang segera untuk melakukan observasi. Ruang lingkup penelitian kuantitatif lebih luas dengan jumlah responden yang jauh lebih besar. Dengan demikian, data yang valid dapat dihasilkan untuk melakukan pemetaan.

Perbedaan Terakhir

Perbedaan kualitatif dan kuantitatif terkini yang dapat diamati berasal dari sudut pandang pengumpulan data yang dilakukan. Karena metode penelitian kualitatif berupa pengujian dan pengembangan, pengumpulan data dapat dilakukan secara bersama-sama dengan melakukan wawancara.

Selain itu, metode kualitatif juga memungkinkan kita untuk melakukan observasi partisipatif. Sedangkan metode penelitian kuantitatif dibentuk karena metode pembuktian dan pengumpulan data biasanya berfungsi eksperimen. Selain itu, survei yang sesuai digunakan untuk membedakan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif yang ada.

sumber: satujam.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *