500 Personel Aparat Amankan Perayaan Paskah di Solo

  • Whatsapp
ILUSTRASI

SOLO, Jowonews- Sebanyak 500 personel polisi dan TNI diterjunkan untuk mengantisipasi pengamanan menjelang ibadah Paskah di Solo, Jawa Tengah.

Di sela apel siaga persiapan pengamanan ibadah keagamaan Paskah di halaman Mapolresta Surakarta, Rabu, Kepala Bagian Operasional Polresta Surakarta Kompol I Ketut Sukarda menjelaskan pasukan itu merupakan gabungan terdiri atas TNI dan Polri termasuk Brimob dan jajaran polresta setempat.

Bacaan Lainnya

Pada pengamanan hari raya peringatan wafat dan kebangkitan Isa Almasih, kata Sukarda, seluruh wilayah dianggap rawan gangguan keamanan.

“Dengan demikian, kami selalu meningkatkan kewaspadaan dengan menempatkan personel secara stasioner, artinya penempatkan petugas selama 24 jam di geraja-gereja di kota ini,” katanya sebagaimana dilansir Antara.

Ia menyebutkan personel TNI, Brimob, dan Dalmas Polresta Surakarta bersiaga di 36 gereja besar.

Menurut dia, komposisinya lengkap, baik pengamanan tertutup maupun terbuka, hingga akhir pelaksanaan ibadah Paskah pada hari Ahad (4/4).

Selain itu, pihaknya juga mengemas dalam bentuk patroli skala besar dengan melibatkan pasukan dari Kopassus, Lanud, Kodim 0735, Korem 074 Warastratama, dan Polri menjelang ibadah Paskah.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga menurunkan pasukan Jibom dari Brimob Polda Jateng untuk mensterilkan setiap gereja sebelum pelaksanaan ibadah Paskah, terutama yang umatnya lebih dari 1.000 orang atau gereja besar.

Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol. Ade Safri Simanjutak menambahkan bahwa pihaknya melakukan penebalan pengamanan dalam rangka peringatan atau ibadah Paskah di daerah ini.

Selain itu, pihaknya juga sudah mengumpulkan dengan mengundang seluruh keuskupan dan pengurus gereja di kota ini untuk rapat koordinasi di mapolresta setempat pada hari Senin (29/3).

“Kami juga mengundang unsur dari potensi masyarakat bersama Polri dan TNI melaksanakan pengamanan ibadah Paskah,” katanya.

Kapolres menjamin selama pelaksanaan kegiatan Paskah di Solo berjalan aman, nyaman, tertib, damai, lancar, dan sehat di tengah pandemi ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *