Mengupas Perbedaan Hosting, VPS dan Cloud Server Untuk Pertimbangan Membuat Website

  • Whatsapp
perbedaan_hosting
Mengupas Perbedaan Hosting, VPS dan Cloud Server Untuk Pertimbangan Membuat Website

Ada cukup banyak istilah yang perlu dipahami ketika Anda hendak memutuskan untuk membangun sebuah website yang baru. Tentu, istilah-istilah tersebut nantinya berpengaruh pada bagaimana performa dari website yang Anda miliki ataupun pengelolaan agar performa website terjaga.

Nah, diantara istilah tersebut, tentu Anda pernah mendengar tentang hosting, VPS dan cloud server, bukan? Bisa dikatakan bahwa ketiga istilah ini memiliki fungsi umum yang sama yaitu sebagai space penyimpanan data pada sebuah website. Namun, ada beberapa perbedaan hosting, VPS dan cloud server yang mempengaruhi pemilihan dan penggunaannya.

Apa saja perbedaan yang dimaksud tersebut? Simak ulasan selengkapnya.

Ragam Perbedaan Web Hosting, VPS dan Cloud Server

Untuk memahami lebih lanjut perihal hosting, VPS dan juga cloud server, tentu memahami pengertian masing-masing istilah tersebut bisa menjadi dasar untuk mengetahui perbedaannya. Nah, adapun detail dari masing-masing istilah tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Web hosting

Berbincang tentang pilihan penyimpanan data dalam sebuah website, bisa dikatakan jika web hosting adalah pilihan yang paling sederhana dibandingkan kedua opsi lainnya. Secara singkat, pengertian dari web hosting adalah pusat atau tempat yang digunakan untuk menampung beragam file dan data yang dibutuhkan secara keseluruhan agar website bisa diakses menggunakan jaringan internet.

File yang dimaksud dalam hal ini adalah gambar, email, database, script, domain dan jenis file lainnya. Dengan menggunakan web hosting ini, maka para pengembang bisnis atau pengguna lainnya bisa membuat sebuah halaman website yang cenderung mudah dibaca dan dikunjungi melalui sambungan internet.

Tidak hanya itu, pemilik website nantinya akan diberikan sebuah fasilitas manajemen untuk pengelolaan website menggunakan beberapa platform. Umumnya, platform yang digunakan adalah my SQL ataupun PHP.

Web hosting, selain sangat sederhana, juga merupakan pilihan yang paling terjangkau. Hanya saja, fitur dan fasilitas yang ditawarkan cenderung terbatas, termasuk akses menuju website.

  • VPS

Istilah kedua dalam pembahasan perbedaan hosting, VPS dan cloud server adalah VPS. Nah, VPS disebut juga dengan virtual private server. Dalam pengertiannya, VPS secara singkat dipahami sebagai sebuah metode yang digunakan untuk membagi sumber daya sebuah server fisik menjadi beberapa bagian server virtual.

Uniknya, dalam hal ini, server virtual tersebut memiliki kemampuan guna menjalankan sistem operasi sendiri layaknya sebuah server fisik. Tentu saja, VPS bisa dijadikan opsi yang menarik, terutama untuk Anda yang ingin mendapatkan fasilitas server yang lebih lengkap dan bagus daripada web hosting.

Ada beberapa keunggulan dari VPS yang bisa dijadikan alasan untuk menggunakannya. Beberapa keunggulan tersebut diantaranya adalah:

  • Cenderung fleksibel dan akan memudahkan pengguna untuk menginstal software di VPS sesuai dengan kebutuhan
  • Pengguna akan mendapatkan akses root untuk melakukan eksplorasi yang lebih pada VPS yang digunakan
  • Adanya garansi resource yang didapatkan, yaitu untuk space, RAM dan CPU
  • Cenderung aman dan tidak akan diusir oleh pihak hosting karena tuduhan menggunakan WP-robot dan lainnya

Hanya saja, VPS memiliki beberapa kekurangan yang juga penting untuk diketahui. Adapun beberapa kekurangan dari VPS diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pengguna wajib memiliki pengetahuan yang lebih terkait penggunaan sever, baik untuk Windows dan juga Linux. Hal ini dikarenakan pihak hosting tidak akan memberikan bantuan, kecuali jika Anda menggunakan jasa untuk pengaturan
  • Biaya VPS cenderung lebih mahal dibandingkan dengan share hosting
  • Biaya akan senantiasa bertambah seiring dengan penggunaan resource yang cenderung lebih besar

Tentu, kekurangan dari VPS di atas juga bisa dijadikan pertimbangan sebelum Anda hendak menggunakan layanan tersebut atau tidak.

  • Cloud Server

Cloud server adalah pilihan space penyimpanan data atau server berikutnya yang kini marak digunakan. Secara singkat, cloud server memiliki teknologi berbeda dari kedua jenis server yang dibahas sebelumnya. Hal ini dikarenakan dengan penggunaan teknologi cloud, maka Anda akan memiliki lokasi penyimpanan tanpa adanya batasan spesifikasi.

Baca juga : beli hosting yang memiliki sistem cloud murah 

Tidak hanya itu, ketika Anda menggunakan cloud server untuk website yang Anda kelola, maka Anda bisa meningkatkan storage, memory serta prosesor dengan mudah sesuka hati. Tentu saja, hal ini akan memberikan kebebasan yang lebih ketika Anda hendak mengatur website yang digunakan.

Cloud server memiliki beberapa keunggulan yang menjadikannya pilihan yang tepat. Adapun beberapa keunggulan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sentralisasi penyimpanan untuk pengaturan yang lebih mudah
  • Memiliki redundansi yang cenderung lebih baik
  • Upgrade bisa dilakukan dengan lebih mudah dan terkadang tidak perlu reboot
  • Fleksibilitas yang cenderung lebih baik daripada jenis server lainnya

Hanya saja, cloud server tetap memiliki kekurangan. Salah satu isu kekurangan dari jenis server ini adalah kerahasiaan yang cukup bergantung pada perusahaan penyedia sehingga pengguna perlu selektif dalam memilih penyedia.

Nah, demikian beberapa ulasan terkait perbedaan hosting, VPS dan cloud server yang perlu dipahami. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *