Teknik Dasar Bola Voli Yang Wajib di Miliki Oleh Para Pemain Bola Voli

  • Whatsapp

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan materi mengenai teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain voli. Olahraga bola voli termasuk permainan yang sangat popular diIndonesia. Namun, ada beberapa peraturan hingga teknik dasar bola voli yang mesti kalian pahami sebelum bermain.

Dilansir dari desa bola pengertian bola voli adalah permainan bola besar yang dilakukan dengan beregu yang setiap regu tersebut terdiri dari 6 pemain.

Teknik Dasar Bermain Bola Voli

Dibawah ini merupakan teknik dasar bola voli dan cara melakukannya. Sebagai berikut :

1. Passing Atas

Teknik ini bisa kalian lakukan dengan sikap normal atau setinggi muka. Pada teknik passing atas setinggi muka dapat dilakukan bersamaan dengan sikap normal, guling ke samping, meloncat, hingga setengah guling ke belakang.

2. Teknik Dasar Passing Bawah

Passing bawah bisa kalian lakukan menggunakan satu tangan ataupun dua tangan. Kedua cara tersebut bisa kalian gabungkan sebagai sikap normal, guling ke samping, terjun ke depan, ataupun setengah guling ke belakang.

3. Set Up

Set up atau mengumpan  bisa kalian lakukan dengan beberapa teknik, yaitu dengan teknik ke depan, ke belakang, dan ke samping , Sementara itu, berdasarkan tinggi bola dari net dapat dilakukan secara normal, medium, dan low.

Sedangkan, posisi set up berdasarkan arah bola bisa kalian lakukan secara sejajar, vertikal, hingga diagonal.

4. Teknik Dasar Smash

Teknik ini juga dikenal sebagai spike dan dibagi menjadi beberapa bagian, yakni berdasarkan gerakan bola ada silang dan lurus, berdasarkan pemberian set up ada open smash, semi smash, quick smash, push smash, dan pool straight smash.

Selain itu, ada juga yang berdasarkan kurva bola, yakni drive smash, top spin smash, lob smash dan berdasarkan saat awalan ada tanpa awalan, dengan awalan, dengan satu kaki, hingga dengan dua kaki.

5. Teknik Dasar Servis

Berdasarkan arah putaran bola, ada teknik top spin, back spin, inside spin, outside spin, dan float. Kemudian, berdasarkan servis tangan bawah ada back spin, outside spin, inside sin, cutting underhand, dan floating overhead.

Selain itu, berdasarkan servis atas ada tennis servis, floating overhead, inside spin, outside spin, round house overhead, slinder floating overhead, drive overhead, dan bongarian overhead.

6. Teknik Dasar Block

Block dilakukan untuk membendung serangan bola yang datang. Berdasarkan gerakan, blok dibagi menjadi aktif dan pasif. Sedangkan berdasarkan jumlah dikalangankan menjadi satu orang, dua orang, dan tiga orang.

Dan bagian ini biasanya diisi oleh para pemain yang memiliki tinggi badan dan ketangkasan yang tinggi dan baik karena posisi ini pemain beradu ketinggian dan pengamatan arah bola yang akan dismash oleh lawan.

Penutup

Demikian artikel yang membahas mengenai teknik dasar bola voli yang harus dimiliki oleh setiap pemain bola voli yang ingin menjadi pemain yang bisa diandalkan. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *