10 Tujuan Permainan Bola Basket

  • Whatsapp
permainan_bola_basket
permainan_bola_basket

Basket adalah salah satu bidang olahraga yang cukup digemari masyarakat. Banyak manfaat yang bisa kita dapat dari olah raga yang satu ini. Salah satu manfaat dan tujuan permainan bola basket yang umum adalah demi kesehatan.

Permainan ini menuntut terus bergerak selama waktu permainan sehingga pemain bisa berkeringat dan melatih ototnya. Pergerakan tersebut bermanfaat untuk kebugaran dan kesehatan. Selain kesehatan, permainan basket memiliki tujuan lain yang tak kalah penting.

Bacaan Lainnya

Sekilas Tentang Permainan Basket

Dilansir dari desabola, Permainan bola basket adalah suatu permainan yang terdiri dari dua tim dengan 5 anggota. Kedua tim tersebut bersaing untuk merebut bola dan memasukannya kedalam ring demi mencetak nilai paling tinggi. Tim yang mencetak nilai tertinggi lah yang nantinya  menang.

Secara keseluruhan total pemain bola basket adalah 10 orang. Dalam tim ini terbagi menjadi tiga posisi yaitu forward yang bertugas mencetak poin, kedua ada defense yaitu pemain yang bertugas untuk bertahan. Terakhir playmaker bertugas mengatur strategi dan alur perginya bola.  

Tujuan Permainan Bola Basket

Tujuan permainan bola basket adalah menjadikan tubuh sehat dan terjaga. Namun tujuan utama dari bola basket bukan itu saja.

Tujuan permainan bola basket  yang utama adalah memasukan bola kedalam ring demi mencetak nilai sebanyak mungkin. Tim yang mencetak nilai paling banyak pastinya akan mendapatkan kemenangan dalam permainan ini.

Selain itu, tujuan lain permain bola basket yang perlu Anda ketahui adalah:

1. Melatih Kekompakan

Tujuan lain permainan ini adalah untuk melatih kekompakan dan kerjasama tim. Permainan ini mengharuskan kita mengoper dan percaya satu sama lain sehingga bisa membantu menguatkan kerjasama tim.

2. Keseimbangan Tubuh

Membantu membangun koordinasi dan keseimbangan tubuh. Hal ini karena teknik dasar permainan bola basket dilakukan dengan kerjasama yang baik antara tangan, kaki dan mata

3. Meningkatkan Motorik

Meningkatkan keterampilan motorik. Permainan bola basket mengharuskan pemain mengerakan anggota tubuh intinya sehingga bisa membantu meningkatkan saraf motorik yang ada dalam tubuh kita.

4. Meninggikan Badan

Tujuan permainan bola basket selanjutnya adalah untuk membentuk tinggi badan. Olah raga bola basket dipercaya bisa membantu seseorang meninggikan badannya. Hal ini tak sepenuhnya salah kecuali bagi pemain yang sudah tidak dalam masa pertumbuhan atau memiliki tinggi badan yang terbilang kerdil atau mini dari lahir.

5. Membentuk Badan dan Otot

Melatih otot adalah tujuan lain dari permainan bola basket. Permainan ini mampu mengerakan anggota tubuh secara intens sehingga baik untuk melatih otot-otot kita.

Membentuk tubuh yang ideal, tak bisa dipungkiri jika salah satu tujuan permainan bola basket adalah untuk membentuk tubuh. Kita yang memiliki tubuh berisi bisa menurunkan berat badan dengan melakukan olah raga ini.

6. Kebugaran Tubuh

Kesehatan dan kebugaran, kedua hal tersebut bisa dianggap sebagai sesuatu yang umum untuk dijadikan tujuan permainan bola basket.

Keaktifan bergerak dalm permainan bola basket tak hanya berguna untuk melatih anggota tubuh seperti tangan dan kaki saja. Lebih dari itu pergerakan permainan bola basket seperti berlari mengejar bola juga  bermanfaat untuk kesehatan jantung kita.

Penutup

Itulah sekilas tentang permainan bola basket dan tujuan permainan bola basket yang harus kita ketahui. Tak hanya kesehatan  saja permainan ini juga memiliki banyak tujuan yang kaya akan manfaat. Hebatnya lagi permainan ini juga mudah jadi cocok untuk  semua orang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *