Beberapa Syarat dan Cara Menjadi Pilot di Indonesia

  • Whatsapp
jadi_pilot
jadi_pilot

Siapa yang tidak ingin menjadi seorang pilot? Profesi ini tentu sangat diinginkan oleh kebanyakan orang karena gaji pilot sangat besar. Pilot sendiri merupakan salah satu profesi yang paling banyak diminati karena mempunyai pendapatan tetap cukup tinggi. Lantas apa saja syarat dan bagaimana cara menjadi pilot?

Syarat Mendaftar Profesi Pilot

Bacaan Lainnya

Seperti yang diketahui, profesi pilot sangat identik dengan sosok pria yang rapi dan menarik. Tentu hal ini tidak lain karena adanya beberapa syarat yang perlu dipenuhi saat ingin mendaftar profesi tersebut. Adapun syarat utamanya adalah memiliki tinggi yang cukup dengan berat badan yang ideal.

Syarat pendaftaran pilon ini sendiri perlu dipenuhi sejak seleksi masuk ke sekolah pilot. Tidak heran jika berbeda sekolah juga umumnya akan berbeda juga persyaratan yang ditetapnya. Akan tetapi, umumnya terdapat syarat secara umum saat seseorang ingin menekuni profesi tersebut.

Diantaranya seperti tinggi badan minimal 165 cm untuk pria serta 160 cm untuk wanita. Seseorang yang ingin mendaftar perlu memiliki usia minimalnya 18 tahun serta maksimalnya adalah 23-26 tahun. Tidak buta warna, memiliki penampilan yang baik, dan lulus SMA/sederajat.

Bagaimana Cara Menjadi Pilot?

Jika dibandingkan dengan profesi yang lainnya, pilot termasuk pekerjaan yang paling banyak diinginkan. Hanya saja perlu diketahui bahwa pekerjaan tersebut memang tidaklah mudah. Saat ingin menjadi seorang pilot, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan memenuhi setiap syaratnya.

Selanjutnya, Anda dapat mendaftarkan diri ke salah satu sekolah pilot yang diinginkan. Di Indonesia sendiri ada banyak sekolah yang dapat dipilih sesuai dengan domisili atau keinginan masing-masing. Sekolah pilot ini juga membuka berbagai jurusan lain selain pilot.

Adapun beberapa sekolah pilot dengan jurusan penerbangan di Indonesia yang dapat Anda pilih tersebut seperti Bandung Pilot Academy, Akademi Penerbang Banyuwangi, Deraya Flying School, Aero Flyer Institute, Perkasa Flight School, Genesa Flight Academy, dan masih banyak lagi.

Berapakah Gaji Profesi Pilot?

Apakah Anda berminat untuk menjadi seorang pilot? Jika iya, kira-kira berapa gaji yang akan didapatkan nantinya? Perlu diketahui bahwa pada dasarnya gaji seorang pilot sangat beragam. Hal ini tergantung dengan lokasi dimana mereka bekerja dan lamanya profesi tersebut.

Untuk pilot pemula sendiri umumnya dapat memperoleh penghasilan paling tinggi Rp 30 juta setiap bulannya. Kemudian, untuk pendapatan pilot secara umum dapat mencapai lebih dari Rp 40 juta perbulan. Tentu saja, hal tersebut belum termasuk dengan berbagai tunjangan yang diberikan.

Seperti tunjangan non tunai yang terdiri dari BPJS, asuransi sosial, lost of flying license, tunjangan kesehatan, penghargaan pensiun, iuran pensiun, sampai dengan penghargaan masa kerja. Selain itu, mereka juga akan memperoleh fasilitas lainnya seperti tunjangan profesi, kesehatan keluarga, dan lainnya.

Itulah beberapa informasi mengenai syarat dan cara menjadi pilot yang dapat diketahui. Tentu saja, tidak ada salahnya jika mencoba untuk mendaftarkan diri di sekolah pilot. Profesi ini sendiri dapat menjadi salah satu pilihan tepat jika Anda memang tertarik dengan dunia penerbangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *