Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Sindoro Semburkan Asap Sulfatara Setinggi 300 Meter

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Gunung Sindoro di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menyemburkan asap sulfatara setinggi 300 meter yang merupakan kepulan asap tertinggi dalam empat tahun terakhir, kata petugas Pos Pengamatan Gunung Sumbing-Sindoro, Mulyono.

“Kepulan asap sulfatara bercampur uap air setinggi 3.000 meter dari puncak kawah tersebut terjadi pada Rabu (24/2),” ungkapnya di Temanggung, Kamis.

Ia menuturkan kepulan asap tersebut tertinggi sejak 2011 yang waktu itu status Gunung Sindoro sempat naik menjadi waspada.

Ia mengatakan kepulan asap membubung tinggi 300 meter kemudian berbelok arah ke selatan. Jika tidak tertiup angin ketinggiannya bisa lebih dari 300 meter.

“Masyarakat tidak perlu khawatir karena status Gunung Sindoro tetap aktif normal,” ucapnya.

Menurut dia kepulan asap tersebut dipicu hujan terus-menerus di Gunung Sindoro dan air masuk ke kawah kemudian digodok jadi uap air sehingga membubung tinggi.

Ia mengatakan asap sulfatara bercampur uap air ini bisa berbahaya bila terhirup manusia karena banyak mengandung gas beracun. Namun, aktivitas ini cukup baik karena dapat mengantisipasi terjadinya letusan eksplosif yang ditimbulkan gas dari dalam dapur magma tidak keluar.

Ia menuturkan fenomena seperti itu dapat terjadi saat musim hujan. “Kami mengimbau para pendaki tidak usah mendekati sekitar kawah karena sewaktu-waktu bisa muncul gas beracun,” tuturnya. (jn03/ant)

BACA JUGA  Pembangunan Stadion Bumi Phala Senilai Rp 16 M Belum Capai 50 Persen

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...