Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Harga Beras di Solo Mulai Turun

SOLO, Jowonews.com – Harga beras dan sejumlah bahan pokok di pasar tradisional, Kota Solo, Jawa Tengah sudah dua hari terakhir ini mulai turun dibanding sebelumnya.

Sidiq (37) salah satu pedagang di Pasar Kleco Solo, Senin mengatakan harga beras kualitas premium di sejumlah pedagang rata-rata turun sekitar Rp500 per kilogram, yakni jenis C4 kualitas super yang sebelumnya Rp10.500/kg menjadi Rp10.000/kg dan kualitas biasa dari Rp10.000/kg menjadi Rp9.500/kg.

Menurut Sidiq, turunnya harga beras tersebut ada beberapa kemungkinan karena para petani sudah mulai panen di beberapa daerah sehingga persediaan di tempat-tempat penggilingan mulai banyak, dan pasokan barang ke pasar lancar.

Bahkan, kata Sidiq, turunnya harga beras juga diikuti telur yang sebelumnya di Pasar Kleco mencapai Rp20.000/kg kini menjadi Rp18.000/kg. Stok telur banyak sehingga harga mulai murah mendekati normal.

Menurut dia, harga barang kebutuhan pokok lainnya sepertu gula pasir tetap bertahan Rp12.000/kg dan minyak goreng curah kualiatas super juga stabil Rp17.000/kg dan kualitas biasa Rp11.000/kg serta stonya relatif cukup.

Harga daging ayam di Pasar Kleco saat ini, juga mengalami penurunnya rata-rata Rp4.000 dibanding harga sebelumnya mencapai Rp32.000/kg, sedangkan daging sapi bertahan Rp95.000/kg kualitas bisa dan Rp100.000/kg kualitas super.

Menurut Rahayu (40) pedagang di Pasar Kleco Solo, turunnya harga daging ayam sudah lima hari terakhir ini, karena sebelumnya dijual antara Rp31.000/kg hingga Rp32.000/kg.

“Daging ayam kini dijual Rp26.000/kg, tetapi permintaan masih biasa-biasa saja tidak ada peningkatan, dan stok cukup,” kata Rahayu.

Sugiyem (51) pedagang lainnya di Pasar Kleco, mengatakan cabai merah besar hampir tidak ada pasokan hingga sekarang sehingga ia tidak menjual selama lima hari ini.

BACA JUGA  Umat Islam Boyolali Gelar Doa Pilkada Damai

Hal ini, kemungkinan para petani tidak bisa memanen karena musim hujan sehingga banyak kualitasnya cabai yang busuk.

Menurut dia, harga cabai rawit hijau rata-rata masih dijual stabil yakni Rp16.000/kg, rawit merah Rp26.000/kg, sedangkan bawang merah mencapai Rp30.000/kg dan bawang putih 28.000/kg. Stok barang di pasar masih mencukupi kecuali cabai merah besar banyak yang kosong.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Surakarta Triyana pihaknya secara rutin melakukan pemantauan harga beberapa kebutuhan pokok di pasar tradisional di Solo setiap hari.

“Hal ini, untuk memantau adanya perkembangan harga beberapa kebutuhan pokok. Harga beberapa kebutuhan pokok di Solo, masih wajar dan persediaan masih normal,” kata Triyana. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...