Jowonews

Logo Jowonews Brown

BMKG Sumbar Keluarkan Peringatan Dini Tsunami Usai Gempa 7,8 SR

PADANG, Jowonews.com –¬†Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini tsunami di sejumlah provinsi di Sumatera pascagempa di Sumatera Barat (Sumbar), Rabu malam.

Informasi diterima dari SMS BMKG di Padang, Rabu, peringatan dini tsunami itu disampaikan kepada masyarakat di Sumbar, Sumatera Utara, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Bengkulu, dan Lampung.

Peringatan dini itu menyusul terjadinya gempa berkekuatan 7,8 Skala Richter (SR) pada Rabu, pada pukul 19:49:41 dengan pusat pada 5,61 Lintang Selatan (LS) dan 94,05 Bujur Timur (BT) berjarak 682 km arah Barat Daya Kepulauan Mentawai Sumbar, pada kedalaman 10 km di bawah tanah.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, Tri Wahluyo mengakui, getaran gempa cukup terasa di Pasaman Barat.

“Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan. Namun kami akan terus memantau ke perkembangannya,” katanya.

Menurut dia, getaran gempa memang terasa cukup kuat. Apalagi di wilayah pesisir Sasak bunyi sirine early warning system juga berbunyi dengan keras.

“Kami mengimbau warga tetap waspada terutama bagi warga di tepi pantai,” katanya.

Informasi dihimpun dari BMKG menyebutkan bahwa gempa terjadi pada Magnitudo 7,8 Skala Rickter pukul 19.49 WIB. Dengan lokasi 5.16 LS,94.05 BT (682 kilometer Barat Daya Kepulauan Mentawai).

Gempa tersebut terjadi pada kedalaman 10 kilometer yang berpotensi tsunami.(Jn16/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...