Jowonews

21 Orang Keracunan Kue Tart Ulang Tahun

KENDAL, Jowonews.com – Sebanyak 21 orang mengalami keracunan setelah mengonsumsi kue tart pada acara ulang tahun. Korban terdiri atas 20 anak-anak dan satu orang dewasa. Mereka keracunan dan mengeluh pusiang serta mual-mual sekak kemarin malam.

Para korban dibawa ke tiga rumah sakit berbeda, yakni RS Baitul Hikmah Pucangrejo lima orang, Klinik Baitul Hikmah Gemuh delapan anak, dan RSUD Dr H Soewondo Kendal satu orang. Sementara tujuh korban hanya menjalani rawat jalan setelah menerima perawatan di Puskesmas Pegandon.

Camat Pegandon, Sumartoyo, mengatakan, musibah berawal ketika para korban menghadiri pesta ulang Liliana Raisa Putri, 5, putra dari Ahmad Faizin warga Dukuh Prongkol RT 1 RW 1, Desa Pekuncen, Kecamatan Pegandon pada Senin (1/11) pukul 13.00 WIB. Korban mengeluh sakit kepala dan mual serta muntah setelah mengonsumi kue ulang tahun dan nasi kuning. Mereka lantas dibawa ke beberapa rumah sakit.

Sementara itu, korban keracunan mengaku pusing dan mual setelah makan kue tar ulang tahun. Korban M Choirul Anam mengaku beberapa jam usai makan kue dan nasi kuning merasa mual dan muntah.
Turiyo salah seorang orangtua korban mengatakan, kue ulang tahun dan nasi kuning dibawa pulang dan dimakan. Namun, mereka kebanyakan makan di lokasi ulang tahun. “Setelah Maghrib, anak saya mendadak pusing dan langsung muntah-muntah,” jelas Turiyo orang tua dari Raisa Safana Putri.

Ahmad Faizin, mengatakan, acara ultah putrinya tersebut dihadiri sekitar 45 anak. Mereka semua mendapat nasi kuning dalam kotak dan dibawa pulang. Beberapa diantaranya ikut menikmati kue tar yang disajikan. Namun, petangnya beberapa orang tua anak-anak mengeluhkan kepada dirinya jika putra-putri mereka mengalami mual dan muntah-muntah. ‘’Saya juga mengalami muntah-muntah setelah makan kue tart tersebut. Sisa kue dan nasi kuning telah dibawa polisi dan puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan di laborat,’’ jelasnya.

Dia mengaku, kue tar pesan di salah satu toko roti di Kecamatan Pegandon. Sementara nasi kuning pesan melalui tetangga adiknya. Mereka yang makan nasi kuning tidak ada yang keracunan. (Jn09/jn19)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...