Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Kudus Panen 49.156 Ton Gabah Kering

KUDUS, Jowonews.com – Produksi gabah di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, selama musim tanam pertama tercatat 49.156 ton gabah kering panen, kata Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Kudus Budi Santoso.

“Adapun luas areal panen hingga Maret 2016 tercatat seluas 5.522 hektare yang tersebar di sembilan kecamatan di Kabupaten Kudus,” ujarnya, di Kudus, Senin.

Jumlah produksi gabah tersebut, kata dia, memang belum mencapai separuh dari target yang dibebankan pada 2016 yang mencapai 169.000 ton GKP.

Target produksi padi selama 2015, kata dia, 159.000 ton GKP, sedangkan realisasinya 172.000 ton Ia memperkirakan jumlah produksi gabah saat ini masih bisa bertambah karena akan ada lahan yang dipanen pada bulan ini seluas 7.000 hektare.

Produktivitas untuk musim tanam pertama, kata dia, mencapai 9,41 ton GKP per hektare, sedangkan hasil panen pada MT dua diperkirakan ada penurunan menjadi 6-7 ton GKP per hektare.

Dalam rangka mengejar target produksi pada 2016, kata dia, langkah yang bisa ditempuh berupa peningkatan produktivitas tanaman padi, di antaranya melalui program benih berkualitas dan pola tanam jajar legowo, serta pemupukan berimbang.

Meskipun sebagian besar areal pertanian di Kabupaten Kudus menanam tanaman padi dua kali, kata dia, beberapa daerah di Kudus ada yang menanam tanaman padi pada MT III.

Berdasarkan pengalaman selama ini, terdapat areal sawah antara 1.000-2.000 hektare yang masih bisa ditanami tanaman padi, yakni di Kecamatan Kaliwungu, Jekulo, Mejobo, dan Kota Kudus.

Terkait dengan serangan hama, kata dia, sejauh ini masih terkendali, meskipun hampir di semua daerah mengalami serangan hama, di antaranya penggerek batang, tikus, kresek, putih palsu, blas, dan wereng.

Luas lahan areal sawah yang terserang hama diperkirakan mencapai 8.034 hektare dengan tingkat kerusakan yang tidak terlalu parah.

“Sejauh ini, populasi hama tersebut masih di bawah ambang dan masih bisa dikendalikan,” ujarnya.

Luas lahan sawah di Kabupaten Kudus sekitar 20.653 hektare yang tersebar di sembilan kecamatan, sedangkan lahan yang bisa ditanami padi 16.000 hektare. (Jn16/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...