Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Ssttt…. Kota Semarang Ternyata Punya Kembaran di Korsel Loh….

SEMARANG, Jowonews.com – Keindahan kota-kota di Korea Selatan, acap mendatangkan decak kagum, apalagi buat penggemar film dari negeri ginseng itu. Suasana romantis di pelabuhan membuat penonton penasaran untuk berkunjung ke negara tersebut.

Jangan salah…. tak usah jauh-jauh ke negerinya Lee Min Ho, karena ternyata ada sebuah kota di Korsel yang mirip dengan Semarang. Kota Ulsan di Korea Selatan, memiliki kemiripan dengan Kota Semarang, yakni kota besar yang memiliki pelabuhan.

Pemerintah Kota Semarang siap menjalin kerja sama “sister city” dengan kota tersebut. Kota yang lain adalah Split di Kroasia.

“Kedua kota ini kebetulan memiliki kemiripan dengan Kota Semarang, seperti adanya pelabuhan, laut, dan juga kota besar,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Semarang, Senin.

Hal tersebut diungkapkan Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, usai rapat paripurna di Gedung DPRD Kota Semarang yang salah satunya menyetujui “sister school” dengan dua kota itu.

Dia menjelaskan kerja sama dengan Ulsan, Korea Selatan akan dilakukan dalam bidang pembangunan infrastruktur, termasuk mengirimkan jajaran Dinas Bina Marga belajar ke kota tersebut.

“Mereka (Ulsan, red.) memiliki teknologi baru dalam bidang infrastruktur, seperti pengaspalan atau peningkatan kualitas jalan. Kami akan kirim tim Bina Marga belajar teknologi ini,” katanya.

Untuk kerja sama dengan Split, Kroasia, kata dia, salah satunya berkaitan dengan penataan kepariwisataan yang akan ditindaklanjuti dengan saling mengirimkan duta untuk belajar.

“Kami juga akan mengajak mereka (Pemerintah Kota Ulsan, red.) datang ke Semarang untuk belajar banyak hal. Potensi-potensi yang dimiliki, termasuk keharmonisan di Semarang,” katanya.

Maka dari itu, Hendi bersyukur DPRD Kota Semarang menyetujui rencana kerja sama “sister city” itu dan akan segera menindaklanjutinya dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU).

Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi mengatakan kerja sama “sister city” yang akan dijalin dengan dua kota, yakni Ulsan dan Split, harus bisa menguntungkan kedua belah pihak. (JN16/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...