Jowonews

Logo Jowonews Brown

Penemu Email Meninggal Dunia

CAMBRIDGE, Jowonews.com – Pengguna surat elektronik (surel) yang belakangan disebut e-mail, layak berduka. Penemu email Ray Tomlinson telah berpulang pada usia 74 tahun.

Bahkan, Tomlinson pula yang memperkenalkan @ di dalam peta.

Ucapan duka melalui dunia maya pun bertebaran usai kabar tersebut disampaikan karyawannya di perusahaan Raytheon.

“Penemu teknologi sejati, Ray adalah orang yang membawa surat elektronik pada masa awal jaringan komputer,” kata juru bicara Raytheon Mike Doble dalam sebuah pernyataan.

Doble mengatakan Tomlinson meninggal pada Sabtu pagi, tetapi dia tidak tahu jika dia berada di rumah dan tidak memberitahu penyebab kematian. Tomlinson bekerja di kantor Cambridge, Massachusetts.

Dalam artikel di Sydney Morning Herald melaporkan Tomlinson meninggal karena terkena serangan jantung.

Dunia teknologi berduka atas kehilangan Tomlinson, pahlawan yang dipuja atas penemuan progran ARPANET pada 1971, yang menjadi pendahulu internet, dan memungkinkan orang mengirim pesan pribadi ke pengguna komputer lainnya melalui server.

“Terimakasih Ray Tomlinson untuk menemukan surel dan meletakkan tanda @ di dalam peta,” tulis sebuah tweet dari akun twitter resmi Gmail.

Penemu internet, Vinton Cerf menyebut kematian Tomlinson sebagai “kabar yang sangat menyedihkan”.

Tomlinson telah masuk di Internet Hall of Fame pada 2012.

“Penemuannya mengubah cara dunia berkomunikasi. Namun, untuk semua pencapaiannya dia tetap rendah hati, baik, dan dermawan dengan waktu dan kemampuannya,” kata Doble.

Berasal dari Amsterdam, New York, Tomlinson bersekolah di Intitut Politeknik Rensselaer dan MIT pada 1960-an dan bekerja di penelitian dan pengembangan perusahan Bolt Beranek and Newman – sekarang menjadi Raytheon BBN Technologies- ketika dia membuat terobosan surel.

Program tersebut mengubah cara orang berkomunikasi baik di dunia bisnis maupun kehidupan pribadi, mengubah bagaimana “jutaan orang di toko, bank, dapat berkomunikasi dengan teman dan keluarga meski mereka berada di luar kota atau di seberang lautan,” dalam biografinya di jejaring Internet Hall of Fame.

Menurut profil Tomlinson di Majalah Forbes pada 1998, dia menunjukkan penemuannya kepada kolega, kemudian berkata “Jangan beritahu siapapun! Ini bukan apa yang seharusnya kita kerjakan.” Sejak saat itu surel menjadi kata yang terkenal, Tomlinson mulai menerima pengakuan dari seluruh dunia atas pencapaiannya.

Pada 2000, Tomlinson menerima penghargaan George R Stibitz Computer Pioneer dari Museum Komputer Amerika. Dari sana dia mendapatkan penghargaan lainnya termasuk Webby Award dari the International Academy of Digital Arts and Science, penghargaan inovasi dari Majalah Discover, dan Pengharhaan Eduard-Rhein Cultural, menurut biografinya. (Jn16/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...