Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Dampingi Pelaku Usaha, Dinkop Siapkan 43 Fasilitator

SEMARANG,Jowonews.com – sebanyak 43 fasilitator dari berbagai elemen sedang disiapkan Kementerian Koperasi dan UKM. Mereka nantinya yang akan mendidik dan mendampingi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang tersebar di seluruh Jawa Tengah.

Menurut Kepala Balai Pelatihan Koperasi (Balatkop) dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Jawa Tengah Sugeng mengatakan, pihaknya mencanangkan sebanyak 50 persen pelatihan fokus pada ketrampilan, 40 persen pelatihan manajemen dan sisanya pelatihan kompetensi.

“Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mereka yang masih pemula, kemudian untuk yang tingkat lanjut bisa memperluas jaringan bahkan segera melakukan ekspor,”ujarnya, Selasa (8/3).

Terkait untuk pelatihan bagi para pelaku UKM yang sudah mahir dan tingkat lanjut, pihaknya juga tengah mempersiapkan fasilitator yang fokus dalam bidang retail dan ekspor. Mereka terdiri baik dari praktisi, konsultan, maupun ahli dari universitas.

“Mereka ini nantinya yang akan mendidik UKM terkait bagaimana mengelola retail serta bagaimana melakukan ekspor. Pelatihan untuk fasilitator ini sendiri sedang berjalan. Setelah kuasai materi, mereka segera bisa terjun ke lapangan. Sehingga target tahun 2017 UKM yang dididik para fasilitator bisa tingkatkan level mereka,”ujarnya.

Ia menambahkan, sepanjang tahun 2015 lalu, pihaknya telah melatih 3365 UKM yang terdiri dari 121 angkatan. Materi yang diberikan berupa pelatihan vokasional, manajerial dan pelatihan kompetensi.

“Tahun ini target sebanyak 3100 yang dilatih, terdiri dari 124 angkatan, dengan pendamping terdiri dari 82 orang. Pendampingan sendiri sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan, akan berjalan selama 6 bulan terhitung mulai dari Juli hingga Desember mendatang,”tandasnya.(jn01)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...