Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Anjal dan Gepeng di Kudus Diberi Pelatihan

KUDUS, Jowonews.com – Sejumlah anak jalanan, gelandangan dan pengemis di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diberikan pelatihan keterampilan kerja oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat sehingga jumlah mereka yang masih di jalanan diperkirakan berkurang.

“Kami perkirakan jumlah anak jalanan, gelandangan dan pengemis yang masih berada di jalanan mulai berkurang. Kalaupun masih ada dimungkinkan pendatang dari luar daerah,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kudus Lutful Hakim melalui Kabid Sosial Sutrimo di Kudus, Selasa.

Ia mencatat, sepanjang dua tahun terakhir jumlah anak jalanan, gelandangan dan pengemis yang diberi pelatihan kerja mencapai 90-an orang yang berasal dari berbagai desa di Kabupaten Kudus.

Bahkan, kata dia, ada pengemis yang kini berhasil memulai usaha berjualan makanan tanpa harus meminta belas kasihan orang lain di jalanan seperti sebelumnya.

Pelatihan yang diberikan, antara lain pelatihan tata boga, pelatihan tukang kayu dan tukang batu.

“Rata-rata yang mendapatkan pelatihan merupakan usia produktif,” ujarnya.

Dari puluhan gelandangan yang dilatih, kata dia, ada pula yang masih tetap turun ke jalanan menjalankan profesi lamanya sebagai pengemis.

Sebetulnya, kata dia, program pelatihan sebelumnya cukup efektif karena peserta yang dilatih juga mendapatkan bantuan peralatan.

Akan tetapi, lanjut dia, adanya aturan soal bantuan hibah yang mewajibkan penerimanya harus berbadan hukum, memang berdampak pada gelandangan yang dilatih kurang semangat karena tidak memiliki modal untuk memulai usaha. (Jn16/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...