Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Target Pajak Bisa Terpenuhi dengan e-Filing

SEMARANG, Jowonews.com– Mekanisme pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak menggunakan sistem online atau yang saat ini diluncurkan dengan nama e-filing diharapkan dapat menaikan target pajak di Jawa Tengah.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi saat menerima kunjungan Kanwil Pajak Jateng, Kamis (10/3.2016). “Dengan terfasilitasi seperti ini selain mudah, cepat dan aman, target-target pajak tentunya bisa terpenuhi,” katanya.

Lebih lanjut politikus PDIP itu menjelaskan bahwa dengan metode online inilah yang menjadikan sistem pelaporan menjadi mudah, cepat dan aman.

“Bisa dilakukan kapan saja dimana saja selama ada koneksi internet, bisa menggunakan smartphone dan laporan bisa langsung diterima saat itu juga. Tanpa repot harus ke kantor pajak,” katanya.

Terkait kemanan, Ia juga menyatakan interaksi dengan sistem menjadikan seorang wajib pajak (WP) dapat terhindar dari permainan oknum, dan data-data sebelumnya tersimpan aman.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jateng I Dasto Ledyanto juga menyatakan bahwa dengan kemudahan tersebut sangat berkorelasi dengan terpenuhinya target pajak.

“Tidak ada lagi WP yang merasa membayar pajak saja kok susah. Sekarang yang aktifitasnya padat pun bisa dimana saja kapan saja. Sambil nonton gerhana matahari kemarin juga bisa lapor SPT,” tandasnya.

Sekedar diketahui, sistem e-filing sendiri sudah 2 tahun dilincurkan dan sesuai dengan Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Nomor 8 Tahun 2015 bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) / TNI / Polri wajib melaporkan SPT melalui e-filing.

Hanya saja baru tahun ini DJP memasifkan sosialisasi kepada pejabat publik tersebut. Target penerimaan pajak di Jateng sendiri naik dari sebelumnya 23,4 Trilyun menjadi 32,8 Trilyun di tahun 2016. (jn17/jn03)

BACA JUGA  Masyarakat Jepara Diminta Taat Bayar Pajak

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...