Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

SAR Temukan Jenazah Warga Temanggung Korban Tenggelam di Parangtritis

BANTUL, Jowonews.com – Tim Pencarian dan Penyelamatan atau SAR Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menemukan jenazah Joko Susilo, wisatawan yang dilaporkan tenggelam di pantai tersebut pada Rabu (9/3) sore.

“Tim SAR melihat keberadaan tubuh korban tadi pagi sekitar pukul 09.35 WIB tersangkut di karang yang ada di Pantai Parangendok, Parangtritis,” kata Sekretaris Tim SAR Pantai Parangtritis Taufik M. Faqi di Bantul, Kamis.

Dia menjelaskan korban yang bernama Joko Susilo (25), warga Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah tersebut, ditemukan di kawasan Pantai Parangendok sekitar 500 meter arah timur dari Posko SAR Pantai Parangtritis saat personel SAR melakukan penyisiran.

Ia mengatakan jenazah selanjutnya dievakuasi Tim SAR gabungan dan dibawa ke Posko SAR untuk dilakukan identifikasi oleh petugas medis dan petugas Inafis Kepolisian Resor Bantul.

Dia menjelaskan meski ditemukan sudah meninggal dunia, korban yang sudah dipastikan Joko Susilo itu, jenazahnya masih utuh, demikian pula pakaian yang dikenakan korban sehingga mempermudah identifikasi korban.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul Bambang Legowo mengatakan spanduk dan papan peringatan yang terpasang di sekitar Pantai Parangtritis sudah memadai.

Bahkan, kata dia, spanduk bertuliskan larangan mandi di laut sudah terpasang di sekitar pintu masuk tempat pemungutan retribusi (TPR), agar wisatawan tidak mandi di laut, karena ancaman bahaya gelombang tinggi.

Pihakknya menyesalkan masih adanya wisatawan yang nekat mandi di laut sehingga tidak sedikit yang tenggelam, bahkan sebagian ada yang meninggal dunia.

“Teman-teman SAR sebenarnya sudah responsif, mereka intens mengingatkan para wisatawan yang mandi, terutama di dekat palung, apalagi karakter pantai selatan beda dengan pantai utara, gelombangnya tinggi,” katanya. (Jn16/ant)


Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...