Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

5 Napi Ujian Kejar Paket C di LP

KENDAL, Jowonews.com – Lima narapidana lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kendal tadi siang mengikuti ujian nasional (UN) kejar Paket C. Mereka mengerjakan soal UN di sebuah ruang pertemuan Lapas setempat dengan diawasi oleh sejumlah pengawas ujian.

Kelimanya merupakan narapidana kasus pembunuhan, penganiayaan, serta pencurian. Sebelumnya, mereka mendapat bimbingan belajar tiap hari Selasa dan Kamis mulai pukul 14.00-16.00 WIB.

Kepala Lapas Kelas II A Kendal Dwi Agus Setiabudi mengatakan, pihaknya tetap memberikan hak kepada lima warga binaan untuk mengikuti ujian kejar paket C. Sebab, mereka kategori masih remaja dan memiliki masa depan yang panjang.

“Kami mendukung dinas terkait dalam memberikan bimbingan belajar, sekaligus keikutsertaan warga binaan dalam ujian ini,” ujar Dwi.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal, Muryono mengatakan, siswa-siswi tingkat SMA/SMK/MA dan sederajat mulai Senin (4/4) hingga Kamis (7/4) mengikuti UN. Sedangkan yang berbasis komputer UN dilaksanakan 4 – 12 April.

“Seluruhnya ada 12.202 peserta, yang ikut UN di tingkat SMA sederajat di Kabupaten Kendal. Mereka terdiri atas SMA/MA 4.869 peserta, SMALB 2 peserta, SMK 6.133 peserta, dan kejar paket C 1.198 peserta,” ujar Muryono.

Ditargetkan, UN dapat berjalan lancar dan lulus 100 persen. Sehingga kabupaten ini dapat meraih lima besar di tingkat Jawa Tengah.

Kepala SMK NU 01 Kendal, Mokh Izzudin mengatakan, pihaknya dua tahun ini menyelenggarakan UNBK. Tahun ini UNBK diikuti 210 peserta dengan menggunakan tiga ruangan dan masing-masing ruang terdapat 35 komputer dimana diantaranya merupakan komputer cadangan. UNBK dibagi menjadi tiga sesi. 

Dikatakan, untuk mengantisipasi pemadaman listrik sewaktu-waktu, pihak sekolah telah menyiapkan genset berkapasitas 35 ribu watt. Selain itu pihaknya menjalin kerja sama dengan operator jaringan internet di Kendal, supaya akses lebih cepat dan siswa tidak terkendala persoalan jaringan yang lambat.

BACA JUGA  Seorang Siswa SMK Kerjakan Soal UN di RS

“Jika listrik mati, jaringan internet tidak akan bermasalah sewaktu genset dinyalakan,” tandasnya. (jn09/jn01)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...