Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Serapan Beras Bulog di Kedu Mulai Tinggi

MAGELANG, Jowonews.com – Serapan Bulog terhadap beras di wilayah Kedu dalam sepekan terakhir semakin ramai. Hal ini menyusul panen raya di daerah Magelang dan sekitarnya.

Ketua Satker Wilayah Magelang, Temanggung, dan Wonosobo Bulog Subdivre Kedu, Bogi Wahyoko Jumat (15/4) mengatakan, dari lima gudang Bulog yang ada di Wonosobo, Temanggung, Magelang, Purworejo, dan Kebumen saat ini sudah ramai pasokan beras.

“Biasanya pemasok beras Bulog Kedu memang paling banyak di Purworeja dan Kebumen, tetapi untuk saat ini hampir semua gudang ramai pasokan,” katanya.

Berdasarkan pantauan di gudang Bulog Bengkal, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung terlihat beberapa truk yang memasok beras tengah antre untuk mendapatkan giliran bongkar muatan.

Ia mengatakan dalam mengoptimalkan penyerapan beras dibentuk Satuan Tugas Penyerapan Gabah Petani (Satgas Sergap) yang melibatkan Bulog, TNI, dan penyuluh pertanian lapangan (PPL).

Ia menuturkan dari target penyerapan beras Bulog Kedu sebanyak 60 ribu ton, hingga saat ini sudah masuk sekitar 6.000 ton beras.

Menurut dia hampir tidak ada kendala dalam penyerapan beras/gabah petani.
Namun, karena faktor cuaca mungkin akan berpengaruh terhadap kadar air beras/gabah petani.

Ia menuturkan kadar air beras/gabah petani yang bisa dibeli Bulog maksimal 14 persen.

“Jika kadar air melebihi 14 persen maka akan kami tolak dan disarankan untuk dijemur kembali,” tuturnya. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...