Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Harga Gabah Anjlok, Batang Bentuk Satgas

BATANG, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten Batang memiliki cara tersendiri dalam mengamankan harga gabah petani agar tidak anjlok. Salah satunya dengan membentuk tim satuan tugas serapan gabah petani (Satgas Sergap) di tingkat kecamatan.

Kepala Kantor Badan Pelaksana Penyuluh dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Batang Ripyono mengatakan bahwa tim Satgas Sergap terdiri atas instansi pemkab, kepolisian, dan TNI.

“Tujuan pembentukan tim Satgas Sergap ini adalah membantu penyerapan gabah dari petani ke Bulog sehingga harga gabah maupun beras tidak turun dan petani tidak merugi,” katanya.

Ia mengatakan tim Satgas Sergap mengusulkan pada Bupati Batang untuk menerbitkan surat keputusan agar satuan kerja di tingkat kecamatan mampu menjalankan tugas dengan baik.

Selain membentuk satgas, kata dia, pemkab juga berupaya mengantisipasi anjloknya harga gabah saat panen raya serta menjaga ketahanan pangan.

Seorang petani setempat, Suwandi, mengatakan petani akan mendukung langkah pemkab membentuk Sargas Sergap itu karena nantinya bisa membantu kesulitan petani saat akan menjual hasil panen padinya.

“Saat ini, harga gabah anjlok padahal harga beras masih relatif cukup tinggi, yaitu sekitar Rp9.000 per kilogram. Akan tetapi, kenapa harga gabah kok anjlok,” tandasnya. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...