Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Ruwat Rawat Borobudur, Upaya Seniman Kembangkan Potensi Wisata

MAGELANG, Jowonews.com – Pelaku seni dan budaya Kawasan Candi Borobudur mengajak seluruh masyarakat termasuk pengunjung untuk meningkatkan kesadaran terhadap pengembangan kepariwisataan.

Ini dilakukan dengan menggelar keiatan seni dan budaya “Ruwat-Rawat Borobudur 2016” di Magelang.

Ketua Warung Info Jagad Cleguk Borobudur (penyelenggara kegiatan), Sucoro, menuturkan mlalui kegiatan Ruwat-Rawat Borobudur setiap tahun memperkuat kesadaran terhadap potensi wisata kawasan Candi Borobudur yang perlu untuk terus-menerus dikembangkan.

Ruwat-Rawat Borobudur pada 18 April hingga 1 Juni 2016 sebagai penyelenggaraan setiap tahun yang telah dimulai sejak 2003 oleh komunitas Warung Info Jagad Cleguk Borobudur dengan melibatkan berbagai kalangan.

Ia menjelaskan tentang pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat kawasan Candi Borobudur terhadap potensi seni dan budaya untuk mendukung pengembangan kepariwisataan di daerah itu.

“Dengan masyarakat yang semakin peduli atas nilai sejarah dan budaya, akan berdampak positif terhadap perkembangan seni tradisi masyarakat setempat yang menjadi bagian penting untuk mengembangkan kepariwisataan Candi Borobudur,” ujarnya, Sabtu (16/4).

Pada kesempatan itu, ia menyatakan optimistis kepariwisataan kawasan Candi Borobudur pada masa mendatang semakin berkembang.
Rangkaian agenda Ruwat-Rawat Borobudur 2016, antara lain pentas kesenian rakyat, sarasehan budaya, seminar pariwisata, jelajah pusaka, loka karya seni budaya, prosesi tradisi masyarakat, festival kesenian rakyat, pentas kolosal sendratari “Kidung Karmawibangga”, dan kirab budaya. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...