Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Hibah Cair, Museum Radya Pustaka Buka Lagi

SOLO, Jowonews.com – Setelah beberapa hari ditutup, kini Museum Radya Pustaka Solo kembali buka seperti biasa. Penutupan sementara kemarin karena banyak karyawan yang libur menyusul pencairan dana pemerintah kota untuk operasional museum terlambat.

Ketua II Komite Museum Radya Pustaka, Sanyoto, menjelaskan sebelumnya banyak karyawan museum harus libur karena keterlambatan pencairan dana operasional sebanyak Rp300 juta dari Pemerintah Kota Surakarta membuat pembayaran gaji karyawan terganggu.

“Meskipun mengalami penutupan beberapa hari, untuk perawatan benda-benda koleksi masih tetap dilakukan seperti biasa. Hanya saja untuk membuka museum tidak dilakukan karena karyawannya yang masuk hanya tiga orang, dan ini tidak mungkin bisa melayani para pengunjung,” katanya, Senin (18/4).

Pemerintah Kota Surakarta menjanjikan pencairan dana hibah tahap pertama untuk operasional museum bisa direalisasikan dalam waktu dekat.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengaku sudah mengirimkan disposisi ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata guna memperlancar pencairan dan penyerahan dana hibah tersebut.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Surakarta Budi Yulistianto menjamin pencairan dana hibah tersebut tidak akan butuh waktu lama.

“Sepanjang proposal permohonan sudah selesai diverifikasi Disbudpar, kami akan segera memproses pencairannya. Jika berkas administrasi lengkap, satu hari pun selesai,” tandasnya. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...