Jowonews

Logo Jowonews Brown

Mendidik Anak adalah Tugas Ayah dan Bunda

SEMARANG, Jowonews.com – Pemerhati perempuan dan anak, Eko Yuliarti Siraj menyampaikan bahwa tugas mendidik dan membina anak adalah tugas bersama yang menjadi tanggungjawab ayah dan bunda. Hal tersebut disampaikan oleh Eko Yuliarti saat menyampaikan materi dalam diskusi ketahanan keluarga dan anak pada Minggu (24/4/2016) di Kantor Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah.

Menurut Eko Yuliarti, saat ini bukan hanya tugas ibu saja yang bertugas membina anak, melainkan seorang ayah memiliki peranan penting dalam membina dan mendidik anak. “Konsep tanggungjawab orang tua itu sesuai dengan syariat Islam, “ujar perempuan yang juga ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS ini.

Senada dengan Eko, pakar perempuan dan anak, Dinie Ratri menyampaikan bahwa agar mendidik anak dapat berjalan dengan baik, perlu komunikasi yang aktif antara suami dan istri. ”Permasalahannya adalah, kebanyakan keluarga tidak memiliki komunikasi yang terjalin, sehingga perlu sekali membiasakan komunikasi efektif dan cerdas dalam Keluarga,”ujarnya.

Sementara, Ika dari yayasan Setara menuturukan bahwa saat ini data di lapangan menunjukkan banyak terjadi peristiwa kekerasan terhadap anak, sehingga dengan latar belakang ini, sangat penting pembinaan dan pendidikan yang langsung dilakukan oleh ayah dan bunda.

“Kami meneliti bahwa, khusus di kota Semarang,  kekerasan anak kekerasan anak sudah terjadi sejak kelas 3, bahkan kasus di semarang ada sekolah yang satu kelas, semuanya anak di kelas itu sudah pernah atau menjadi korban dari anak tersebut,”tandasnya.

Saat ini, yayasan Setara, kata Ika, sudah membuat delapan sekolah ramah anak untuk menanggulangi peristiwa kekerasan yang kerap terjadi terhadap anak . “Saya ucapkan selamat juga buat PKS karena telah mengundang Setara dan juga turut berkonsentrasi membicarakan masalah kekerasan terhadap anak ini,”pungkasnya.

BACA JUGA  Jaga Transparansi dan Profesionalitas, Koalisi Tugu Muda Libatkan Akademisi

Agenda diskusi ketahanan keluarga ini sendiri digelar bidang perempuan dan ketahanan keluarga (BPKK) DPW PKS Jateng dalam rangka milad ke 18 PKS, sekaligus dirangkaikan dengn peringatan hari kartini ke 137. Selain mengundang pakar anak dan perempuan, diskusi ini juga menghadirkan BPKK dari DPD PKS se-Jateng. (jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...