Jowonews

Logo Jowonews Brown

Longsor Timpa Rumah dan Tutup Akses Jalan

PURWOKERTO, Jowonews.com – Musibah longsor terjadi di dua desa Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Longsor membuat rumah rusak dan akses jalan deaa tertutup.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas Prasetyo Budi Widodo mengatakan,berdasarkan laporan yang diterima, tanah longsor itu terjadi Jumat (29/4) dini hari di Jalan Ketos, Grumbul Gedang Wetan RT 07 RW 04, Desa Watu Agung, Kecamatan Tambak, dan Grumbul Sirebut RT 04 RW 01, Desa Banjarpanepen, Kecamatan Sumpiuh.

“Panjang material longsoran di Jalan Ketos, Desa Watu Agung mencapai lima meter dengan tinggi tiga meter dan merusak pagar rumah induk milik Sunaryo,” katanya.

Sementara tanah longsor di Desa Banjarpanepen, lanjutnya, menutup akses jalan menuju Desa Bogangin sehingga mengganggu aktivitas warga.

“Tanah longsor itu terjadi akibat hujan deras yang mengguyur dua desa tersebut,” terangnya.

Selain tanah longsor, kata dia, banjir bandang juga melanda Desa Karanggedang RT 01 dan RT 02 RW 01, Kecamatan Sumpiuh, akibat jebolnya tanggul Sungai Klaceng.

Prasetyo mengatakan pihaknya masih melakukan pendataan di tiga lokasi bencana tersebut.

“Kami telah mengirim lima relawan untuk melakukan ‘assessment’. Relawan lainnya akan berangkat ke lokasi setelah Shalat Jumat,” katanya.

Dia mengimbau masyarakat yang bermukim di wilayah rawan bencana untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya tanah longsor dan banjir karena berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), intensitas hujan di wilayah Banyumas masih tinggi.(JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...