Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Buruh Pati Sepakat tak Aksi Saat May Day

PATI, Jowonews.com  – Pengusaha dan serikat buruh di Pati sepakat untuk menciptakan suasana kondusif di Pati dan tidak ada unjuk rasa dalam peringatan May Day pada Minggu (1/5/2016) mendatang. Kesepakatan itu dilakukan bersama Wakapolres Pati Kompol Nyamin dan Kabag Ops Polres Pati Kompol Sundoyo di Mapolres Pati, Jumat (29/4/2016).

M Ridwan, salah satu pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Pati mengatakan, kalangan pengusaha di Pati sudah menjalin hubungan dan komunikasi yang positif dengan serikat pekerja. Sejumlah persoalan juga acapkali diselesaikan bersama.

Karena itu, mereka sepakat untuk tidak melakukan aksi demonstrasi saat May Day berlangsung. “Kita sudah koordinasi dengan serikat buruh. Kita sudah komitmen untuk menjaga Pati agar tetap kondusif. Kalau situasi kondusif dan perusahaan semakin meningkat, buruh juga akan sejahtera,” ucap Ridwan.

Senada dengan itu, Ketua Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Pati Ahmadi juga menyatakan sepakat untuk tidak turun di jalan saat May Day. Kendati begitu, pihaknya akan menggelar aksi unjuk rasa bila ada hak-hak dari buruh yang tidak dipenuhi perusahaan.

“Sepanjang hak dan kewajiban antara perusahaan dan buruh itu tercapai dengan baik, kita sepakat untuk tidak menggelar aksi. Tapi, kalau memang ada hak-hak yang tidak dipenuhi, kita akan menggelar aksi,” ungkapnya.

Wakapolres Pati Kompol Nyamin sendiri meminta kepada kedua pihak untuk menyelesaikan dengan cara damai bila memang ada permasalahan. “Partisipasi dalam May Day itu boleh saja, asal kegiatannya positif. Misalnya, bakti sosial, jalan sehat, kerja bakti atau kegiatan positif lainnya. Jangan ada pengerahan massa, apalagi anarkis. Itu tidak diperbolehkan,” tandasnya. (jn09-jn16)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Baca juga berita lainnya...