Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

27 Keluarga Korban Longsor Jemblung Segera Dapatkan Hunian

Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi dan Wakil Ketua DPRD Sukirman meninjau lokasi bencana tanah longsor di Banjarnegara, Selasa (16/12).
Relawan mengevakuasi jasad korban longsor. (Foto : IST)
Relawan mengevakuasi jasad korban longsor. (Foto : IST)

Banjarnegara, Jowonews.com – Penyelesaian pembangunan hunian tetap bagi 27 keluarga korban bencana longsor Dusun Jemblung di lahan relokasi Dusun Suren, Desa Ambal, segera selesai.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Banjarnegara Hadi Supeno. “Kalau melihat kemajuan yang dicapai hingga saat ini, saya optimistis pembangunannya selesai sebelum jatuh tempo pada 28 Juni 2015,” katanya di Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis.

Hunian tetap bagi 27 keluarga korban longsor Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, berupa rumah tipe 36 dengan target anggaran sebesar Rp87 juta per unit yang bersumber dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, dan dana masyarakat.

Pada lahan relokasi di Dusun Suren, Desa Ambal, Kecamatan Karangkobar, telah dilengkapi dengan masjid, jalan, selokan, dan kandang kambing komunal. Akan tetapi, kata dia, jaringan listrik untuk 27 rumah yang masing-masing pembangunannya telah mencapai kisaran 40-70 persen itu belum terpasang.

Hadi mempersilakan jika ada donatur yang bersedia menanggung pemasangan listrik untuk 27 rumah dan fasilitas umum lainnya.”Tanah untuk relokasi yang beli daerah sedangkan pembangunan rumah dibiayai bersama. Dari pusat Rp20 juta, provinsi Rp15 juta, dan sisanya dari dana masyarakat,” jelasnya.

Kepemilikan rumah-rumah itu sudah diundi pada Selasa (26/5) sehingga setiap rumah sudah jelas pemiliknya. 
Terkait lokasi longsoran, dia mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada keputusan meskipun pemerintah mengarah apapun pemanfaatannya asalkan dijadikan lahan konservasi.

Bencana tanah longsor yang melanda Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, pada Jumat, 12 Desember 2014, sekitar pukul 17.30 WIB, menimbun sekitar 35 rumah warga. Sementara jumlah warga Dusun Jemblung yang tertimbun longsor diperkirakan mencapai 108 orang. Jumlah tersebut belum termasuk warga luar Dusun Jemblung yang kebetulan melintas saat bencana itu terjadi. (JN03)

BACA JUGA  Talud Masjid Longsor Menimpa Rumah

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...