Jowonews

Logo Jowonews Brown

284,9 Ton Garam Ditaburkan Untuk Hujan Buatan

JAKARTA, Jowonews.com – Kombinasi antara hujan buatan dan hujan alam yang turun cukup merata di Sumatera dan Kalimantan selama 26-30 Oktober 2015 telah menyebabkan kondisi membaik. Semua indikator seperti jumlah hotspot, jarak pandang dan kualitas udara menunjukkan kondisi yang membaik secara signifikan.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB‎, jumlah hotspot menurun. Jika sebelumnya jumlah hotspot sering mencapai ribuan, ‎misal 2.218 hotspot di Indonesia pada 24-10-2015, namun Sabtu (31/10) hanya 402 hotspot. ‎

Begitu pula jarak pandang, jika sebelumnya rata‎-rata kurang dari 500 m, namun saat ini sudah menjauh. “Sabtu pagi di Padang 4 km, Pekanbaru 7 km, Jambi 2,8 km, Palembang 800 m, Pontianak 2 km, Palangkaraya 1,5 km, dan Banjarmasin 6 km,”ungkapnya.

Indeks kualitas udara‎ (PM10) yang sebelumnya banyak kota sering level Berbahaya, pada hari Sabtu, kota-kota di Sumatera dan Kalimantan berada pada level Baik-Sedang. 

“Sesuai dengan prediksi BMKG bahwa 26-31 Oktober 2015, hujan dan awan-awan potensial banyak di Sumatera dan Kalimantan. Untuk mempercepat  dan meningkatkan intensitas hujan, maka Pemerintah mengintensifkan operasi hujan buatan,”katanya.

Presiden Joko Widodo telah memerintahkan hujan buatan ditingkatkan saat banyak awan seperti sekarang. Bahkan TNI AU akan mengirim pesawat Hercules C-130 untuk hujan buatan.‎

4 pesawat terbang yaitu 3 pesawat Casa dan 1 pesawat CN-295 terus terbang melakukan penyemaian awan. Pesawat ditempatkan di Pekanbaru, Palembang, Pontianak dan Palangkaraya. Total 284,9 ton garam (NaCl) yang ditaburkan ke dalam awan sejak Juni hingga sekarang. ‎Hujan buatan dilakukan oleh BPPT, BNPB, TNI AU dan KLHK. 

Garam dapur (NaCl) dengan butiran sangat kecil ditaburkan pada awan-awan Cummulus. ‎Butir NaCl bersifat higroskopis yang menyerap butir-butir air dalam awan sehingga bertambah besar ukuran butirnya. Adanya proses tumbukan dan penggabungan di dalam awan menyebabkan turunnya hujan. (JN01/JN03)

BACA JUGA  Banjir Landa Semarang

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...