Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

336 SPBU di Jateng Sediakan BBM Pertalite

SEMARANG, Jowonews.com – Sebanyak 336 SPBU dari 778 yang ada di wilayah Jawa Tengah-DIY sudah menyediakan bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite.

“Peminat pertalite semakin banyak sehingga jumlah SPBU yang menyediakan BBM jenis ini juga semakin banyak,” kata Manager Komunikasi PT Pertamina (Persero) Area Jawa Bagian Tengah Suyanto di Semarang, Selasa.

Sebagai gambaran, total konsumsi pertalite di Jawa Tengah-DIY untuk periode Januari-Februari 2016 sebanyak 25.780 kilo liter (KL).

“Sebelumnya karena masih sedikit jumlah SPBU yang menyediakan pertalite, total konsumsi tidak sebanyak itu. Pada tahun 2015 rata-rata konsumsi pertalite setiap bulan hanya di kisaran 2,3 KL/hari/SPBU,” katanya.

Sementara itu, untuk konsumsi BBM jenis lain salah satunya premium pada periode yang sama yaitu dari bulan Januari-Februari 2016 mencapai 547.506 KL. Untuk BBM jenis solar konsumsi pada periode yang sama mencapai 289.224 KL.

Sedangkan untuk konsumsi pertamax series pada periode yang sama, sebagai rincian konsumsi pertamax sebanyak 74.515 KL, pertamax plus sebanyak 1.744 KL, dan pertamina dex sebanyak 1.458 KL.

“Secara keseluruhan, pada periode Januari-Februari 2015 dibandingkan dengan Januari-Februari 2016 ada peningkatan konsumsi sebesar 1,8 persen,” katanya.

Seiring dengan peningkatan jumlah konsumsi pertamax, saat ini hampir seluruh SPBU yang ada di Jawa Tengah-DIY sudah menyediakan BBM dengan RON 92 tersebut. Tepatnya sudah ada 744 SPBU yang menyediakan pertamax.

Sedangkan jumlah SPBU yang sudah menyediakan pertamax plus sebanyak 47 SPBU dan ada 207 SPBU yang sudah menyediakan pertamina dex.

“Harapan kami jumlah pengguna pertamax series semakin banyak karena banyak keuntungan dengan mengkonsumsi BBM jenis itu. Dengan begitu, jumlah SPBU yang menyediakan pertamax series khususnya pertamax plus dan pertamina dex di wilayah Jateng-DIY bisa semakin banyak,” katanya. (jn03/ant)

BACA JUGA  Konsumsi Pertalite di Jateng Terus Meningkat

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...