Jowonews

Logo Jowonews Brown

360 Calon Haji Kloter Pertama Sukoharjo Tiba di Asrama Haji Boyolali

BOYOLALI, Jowonews.com – Rombongan calon haji (Calhaj) kelompok terbang (Kloter) pertama asal Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah sebanyak 360 orang telah tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Sabtu.

Rombangan calhaj kloter pertama tersebut dengan menumpang sebanyak 9 unit bus dari daerah, dan jamaah setibanya di Asrama Donohudan kemudian  diterima oleh Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta di Gedung Jedah.

Jamaah kloter pertama kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelum mereka memasuki ke penginapan di Gedung Mekah dan Medinah di asrama tersebut.

Menurut Kepala Sub Bagian Penerangan Humas dan Protokol Embarkasi Surakarta Agus Widakdo rombongan jamaah kloter pertama asal Sukoharjo itu, sebanyak 360 orang yang terdiri 353 calhaj, lima petugas pendamping kloter, dan dua Tim Pemantau Haji Daerah (TPHD).

“Rombongan calhaj kloter pertama tiba sekitar pukul 08.00 WIB, kemudian memasuki Gedung Jedah untuk menjalani tes kesehatan terakhir, dan kemudian memasuki kamar-kamar untuk istirahat,” kata Agus.

Menurut Agus calhaj kloter pertama langsung mendapat makan siang, dan jamaah akan mendapatkan makan sebanyak tiga kali. Jamaah kloter pertama kemudian akan memasuki Gedung Muszdalifah, Minggu (7/7), sekitar pukul 01.30 WIB untuk persiapan upacara pemberangkatan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Rombongan calhaj kloter pertama setelah upacara pemberangkatan kemudian memasuki 9 unit bus menuju ke Bandara Adi Soemarmo Boyolali untuk diterbangkan ke Arab Saudi. Pesawat terbang yang membawa calhaj Embarkasi Surakarta dengan jenis Airbus 330 dengan 360 tempat duduk.

“Calhaj kloter pertama Sukoharjo untuk visa sudah seluruhnya dan diberangkatkan ke Tanah Suci, pada Minggu (7/7), sekitar pukul 05.35 WIB,” katanya.

Menyinggung soal pemeriksaan jamaah dengan alat biometrik di Asrama Haji Donohudan, kata dia, alat untuk mengidentifikasi individu calhaj itu, dipersiapkan hanya untuk yang belum melakukan pemeriksaan.

“Namun, semua jamaah mayoritas sudah diperiksa alat biometrik di daerah masing-masing. Alat itu, disediakan bagi mereka yang belum karena saat pemeriksaan tidak bisa hadir karena sakit atau berhalangan lain,” katanya.

PPIH Embakarsi Surakarta pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, akan memberangkatkan sebanyak 34.171 jamaah dari Jateng dan D.I. Yogyakarta yang terbagi menjadi 97 kloter.

“Kami akan memberangkatkan calhaj Embarkasi Surakarta sebanyak empat kloter pada Minggu (7/7). Kloter pertama calhaj asal Sukoharjo pada pukul 05-35 WIB, disusul kloter 2 (Sukoharjo) pukul 14.40 WIB, kemudian kloter 3 (Sukoharjo) pukul 17.00 WIB dan kloter 4 (Karanganyar) pukul 23.45 WIB. (jwn5/ant)

BACA JUGA  Bismillah, 25 Juli Calon Haji Asal Banyumas Mulai Berangkat

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...