Jowonews

Logo Jowonews Brown

4 Negara Gunakan Sertifikasi Halal MUI

MEDAN, Jowonews.com – Majelis Ulama Indonesia menyebutkan sudah empat negara asing yakni Amerika Serikat, Australia, Eropa, dan Korea yang menggunakan standarisasi halal MUI Republik Indonesia.

“Bahkan Korea sedang gencar-gencarnya melakukan sertifikasi halal untuk menarik kunjungan wisatawan ke negara itu,” kata Ketua MUI Pusat Dr (Hc) KH Makruf Amina di Medan, Sumatera Utara, Kamis.

Dia mengatakan itu pada pembukaan Seminar Mempersiapkan Produk Halal dalam Rangka Kompetensi Global di Medan.

Menurut dia, sertifikasi halal tidak terbatas pada produk makanan dan minuman, tetapi juga untuk produk yang digunakan di pelabuhan, pengangkutan dan pabrikan.

“Kalau di negara asing saja bersemangat menjalankan syariat Islam, mengapa di Sumut atau daerah lain yang juga mayoritas penduduknya Islam tidak berlomba menggunakan sertifikasi halal,” katanya.

Dia mengakui kesadaran dan permintaan sertifikasi halal dari daerah di dalam negeri memang terus meningkat.

Bahkan sejumlah daerah seperti Jakarta, Jawa Barat, Bangka Belitung dan Nusa Tenggara Barat melabel daerahnya sebagai provinsi halal.

Keuntungan memiliki sertifikasi halal sudah dirasakan provinsi itu seperti NTB yang kunjungan wisatawannya meningkat terus.

“Sertifikasi halal tak hanya menguntungkan konsumen melainkan juga pelaku usahanya,” katanya.

. Dia mencontohkan ada perusahaan yang terkena isu minyak babi beberapa tahun silam sehingga membuat produksi menurun hingga 70 persen.

Namun setelah perusahaan itu berhasil mengurus label halal untuk produk makanan-minuman dan lainnya di industrinya, penjualannya kembali bagus bahkan meningkat dari awalnya.

Pelaksana tugas Gubernur Sumut H T Erry Nuradi mengatakan, sertifikasi halal sudah harus menjadi kebutuhan dunia usaha di Sumut.

Apalagi, kata dia, Sumut bukan hanya dikenal dengan provinsi pengekspor utama beberapa komodtas di dunia, tetapi juga menjadi daerah yang dikenal dengan makanan dan minuman yang enak serta memiliki objek wisata yang menarik.

BACA JUGA  Semua OW di Kendal Belum Bersertifikasi

“Sertifikasi halal bisa menjadi harapan masa depan perekonomian Sumut. Jadi diharapkan semua pemangku kepentingan bersinergi untuk mendorong penggunaan sertifikasi halal di berbagai sektor,” katanya. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...