Jowonews

Logo Jowonews Brown

40 Unit Sistem Peringatan Dini Longsor Segera Dipasang

Musibah Longsor di Banjarnegara. (Foto : JN03)
Musibah Longsor di Banjarnegara. (Foto : JN03)
Musibah Longsor di Banjarnegara. (Foto : JN03)

SEMARANG, Jowonews.com – Dalam waktu 2 minggu mendatang, 20 unit peralatan peringatan dini longsor akan dipasang di Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Barat (Jabar). Peralatan peringatan itu, 10 unit dari Badan Geologi dan 10 unit dari UGM.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, pemasangan diprioritaskan di Jateng dan Jabar. “Ini menindaklanjuti Sidang Kabinet Terbatas pada Rabu (17/12), agar BNPB bersama komunitas iptek segera memasang peralatan dini longsor,”ungkap Sutopo melalui pers release kepada Jowonews, Jumat (19/12).

 Menurut Sutopo, maka BNPB langsung menindaklanjuti. Kepala BNPB, Syamsul Maarif, langsung memimpin rapat koordinasi dengan BMKG, Badan Geologi, Kemenristek Dikti, BPPT, LIPI, IABI, BPPTKG, BPBD dan Forum Pengurangan Risiko Bencana DIY di Yogyakarta pada Kamis (18/12).

Selanjutnya pada Januari 2015 akan disiapkan 20 unit peralatan tambahan dari UGM. Peralatan tambahan akan dipasang di daerah rawan bencana longsor lainnya di Indonesia. “BPPT dan LIPI juga akan memproduksi peralatan untuk dipasangkan pada tahun 2015 di daerah rawan longsor yang prioritas,”katanya.

 Sistem peringatan dini yang dipasang terdiri dari beberapa subsistem, yaitu survai geologi, kelembagaan dan sosial ekonomi budaya. Pembentukan Tim Siaga Bencana di tingkat Desa/Dusun dan penyusunan prosedur evakuasi.

Lainnya pembuatan peta evakuasi bersama petugas terpilih, instalasi alat peringatan dini bersama masyarakat, gladi evakuasi serta membangun komitmen pemda dan masyarakat dalam pengoperasian dan pemeliharaan sistem.

Belajar dari pengalaman beberapa institusi yang pernah memasang alat peringatan dini, maka diperlukan komitmen Pemda. Untuk itu harus ada jaminan kesanggupan dari Bupati/Walikota untuk mengoperasikan dan memelihara alat yang dituangkan dalam MoU dan pernyataan kesanggupan.

“Biaya pemasangan alat menggunakan dana siap pakai dari BNPB berdasarkan rencana teknis dan rencana anggaran biaya yang diajukan dari instansi penyedia peralatan,”ujarnya.

Dalam waktu yang bersamaan, BNPB menyiapkan Masterplan Pengurangan Risiko Bencana Longsor. (JN01)

BACA JUGA  2017, Tol Bawen-Solo Ditargetkan Selesai

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...