Jowonews

Logo Jowonews Brown

5 Cara Mengatasi Bayi Pilek Hidung Tersumbat Dijamin Aman

Mengatasi Bayi Pilek Hidung Tersumbat

Ketika sang buah hati banyak menangis, mungkin hal tersebut terjadi karena sang buah hati mengalami hidung tersumbat dan pilek. Terdapat beberapa cara mengatasi bayi pilek dan hidung tersumbat bisa Anda lakukan secara alami.

Walaupun kondisi pilek serta hidung tersumbat pada bayi tidak begitu berbahaya, namun akan membuat perkembangan bayi menjadi tidak nyaman. Dalam mengatasi hal tersebut Anda sebagai seorang ibu bisa menyimak beberapa cara berikut ini:

1. Membersihkan Lendir Dan Ingus

Cara mengatasi pilek dan hidung tersumbat pada bayi, yang pertama harus Anda lakukan adalah membersihkan lendir serta ingus pada hidung sang buah hati. Hal tersebut karena ingus pada hidung bayi biasanya akan menjadi kerak sehingga membuat sang buah hati tidak nyaman.

Sebagai cara untuk menghindari ingus atau lendir yang menjadi kerak tersebut, Anda sebagai seorang ibu dapat membersihkan secara rutin. Caranya cukup mudah untuk dilakukan, hanya dengan menggunakan cotton bud yang dibahasi air hangat.

2. Memastikan Sang Buah Hati Terhidrasi

Cara mengatasi bayi pilek dan hidung tersumbat selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah selalu memastikan sang buah hati terhidrasi. Hal itu dapat terjadi jika kondisi sang buah hati terhidrasi maka jaringan nasal pada hidung akan selalu terjaga kelembabannya.

Bagi sang buah hati yang masih mengkonsumsi ASI, maka Anda sebagai seorang ibu dapat selalu memberikan ASI sesering mungkin.

3. Menepuk Punggung Bayi Secara Perlahan

Sang buah hati yang sedang pilek atau mengalami hidung tersumbat, biasanya akan rewel dan menangis. Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah dengan menepuk dengan pelan punggung bayi.

Pertama Anda bisa memposisikan sang buah hati pada posisi tengkurap kemudian tepuk punggung sang buah hati secara perlahan.

BACA JUGA  Telantarkan Bayi, Polisi Periksa Seorang Warga Karanganyar

4. Mengatur Posisi Tidur Bayi

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa Anda lakukan sebagai seorang ibu adalah mengatur posisi tidur bayi. Biasanya sang buah hati akan tidak nyaman karena hidungnya tersumbat. Posisi tidur dengan meninggikan kepala akan membuat sang buah hati lebih nyaman.

5. Memberikan Sup Hangat

Cara mengatasi bayi pilek dan hidung tersumbat yang terakhir adalah dengan memberinya sup hangat. Hal tersebut karena sup hangat dengan campuran bumbu bawang putih akan memulihkan sistem imun sang buah hati.

Selain itu Anda juga dapat memberikan sang buah hati vitamin C untuk mengatasi pilek. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk periksa ke dokter hanya dengan melakukan perawatan di rumah saja.

Hal penting yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bayi pilek dan hidung tersumbat adalah dengan selalu memberikan sang buah hati ASI. Hal tersebut karena ASI adalah obat alami untuk mengatasi pilek bagi seorang bayi.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...