Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

6 Daerah Ikuti Seleksi Pertunjukan Rakyat Jateng 2016

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Sebanyak enam kabupaten, yakni Brebes, Tegal, Pekalongan, Banyumas, Purbalingga, dan Temanggung bakal mengikuti seleksi pertunjukan rakyat tingkat Provinsi Jawa Tengah 2016 di Temanggung.

Kasi Sarana Komunikasi Deseminasi Informasi, Dishubkominfo Kabupaten Temanggung, Agus Susatyo di Temanggung, Jumat, mengatakan seleksi pertunjukan rakyat yang diselenggarakan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) tersebut bakal digelar di sekitar kawasan Situs Liyangan.

Pelaksanaan seleksi pertunjukan rakyat tingkat Jateng dilaksanakan di tiga titik, yakni Temanggung, Jepara, dan Wonogiri. Seleksi di Temanggung dilaksanakan pada 19 April 2016.

Ia menuturkan konsep pentas pertunjukan dalam seleksi di Temanggung dilakukan di tempat terbuka agar bisa disaksikan oleh masyarakat umum.

“Tempat seleksi memang di Liyangan, tetapi bukan di kawasan situs, agar tidak mengganggu kelestarian situs Mataram Kuno tersebut,” katanya.

Ia mengatakan seleksi pertunjukan rakyat kali ini dengan tema “Revolusi Mental”. Diharapkan melalui pertunjukan rakyat ini bisa menyampaikan informasi atau pesan moral kepada masyarakat.

Anggota FK Metra Kabupaten Temanggung, Sutopo mengatakan pelaksanaan seleksi dilakukan di sekitar Situs Liyangan, selain bisa dinikmati oleh masyarakat sekaligus memperkenalkan Situs Liyangan kepada publik.

Ia menuturkan pada pembukaan seleksi pertunjukan rakyat tersebut bakal ditampilkan sejumlah kesenian tradisional, antara lain kuda lumping, lengger, dan srandul. (jn03/ant)

BACA JUGA  Warga Temanggung Budi Daya Nila Karamba Apung

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...