Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pemakaian Stadion Sriwedari Untuk Liga 2 Indonesia Masih Dikaji

SOLO, Jowonews.com – Rekomendasi Persis yang akan menggunakan Stadion Sriwedari Solo menjadi home base kompetisi Liga 2 Indonesia masih menunggu hasil kajian pertimbangan keamanan.

“Kami masih menunggu hasil kajian yang sangat mendalam, karena penggunaan Stadion Sriwedari harus dipertimbangkan soal pengamanannya,” kata Kepala Polres Kota Surakarta Kombes Pol Ribut Hari Wibowo di Solo, Senin.

Kapolres mengatakan secara umum memang Stadion Sriwedari Solo belum layak digunakan untuk pertandingan kompetisi Liga 2 setingkat Persis, karena masih banyak faktor pertimbangan keamanan.

Pertimbangan keamanan Stadion Sriwedari, misalnya soal pagar pembatas penonton yang tidak ada, tembok stadion juga kurang tinggi, parkir kendaraan belum memadai, kapasitas penonton hanya sekitar 9.000 orang. Padahal, jumlah pendukung Persis ada puluhan ribu suporter, dan berbagai kajian teknis yang lainnya yang harus dipenuhi.

“Kami mempertimbangkan soal pengamanan. Saya pada prinsipnya ingin Persis berprestasi, tetapi yang tidak dilupakan faktor keamanan dan keselamatan. Hal ini, jangan sampai menimbulkan adanya korban jiwa,” kata Kapolres menegaskan.

Pihaknya masih menunggu kajian, jika hasilnya tidak layak mohon maaf, dan pengertiannya tidak merekomendasikan Stadion Sriwedari Solo untuk tempat laga kompetisi Liga 2 Indonesia.

Tim Persis kesebelasan kebanggaan bukan hanya warga Solo saja, tetapi juga kabupaten lainnya di eks Keresidenan Surakarta. Massa penonton pendukung Persis dari luar kota yang hadir di Stadion Sriwedari, sehingga dipastikan stadion tidak mampu menampung penonton.

Manajemen PT Persis Solo Saestu sebelumnya akan menyiapkan bangunan bersejarah Stadion Sriwedari sebagai pertandingan home base timnya pada kompetisi lanjutan putaran kedua Liga 2 Indonesia 2018.

Menurut Sekjen PT Persis Solo Saestu Dedi M. Lawe Persis mendapatkan dukungan dari Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo untuk menggunakan Stadion Sriwedari selama Stadion Manahan direnovasi. Bahkan, Wali Kota meminta Persis tidak pindah ke luar kota saat pertandingan kandang. Tim ini bisa memanfaatkan Stadion Sriwedari Solo selama Manahan masih renovasi.

Namun, dari pihak Polres Kota Surakarta meminta empat hal yang harus dipenuhi manajemen Persis jika akan mengadakan pertandingan home base di Stadion Sriwedari.(jwn4/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...