Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

9.620 Bilik Suara Dicuri Orang

SRAGEN, Jowonews.com – Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 9 Desember semakin dekat. Namun, 9.620 bilik suara yang di simpan di gudang logistik lama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen, Jumat (30/10) diketahui raib dicuri orang. Sehingga dikhawatirkan akan mengganggu pilkada di Kabupaten Sragen.

Semula bilik suara berukuran 130×60 centi meter (cm) dengan ketebalan 1 mili meter (mm) disimpan bersama dengan kotak suara dan kartu suara bekas Pipres 2014 di gudang sewaan Nglorog, Sragen. Logistik tersebut kemudian dipindah ke gudang lama KPU pada 23 Desember 2014.

Kejadian itu diketahui, saat satpam KPU Sragen Bambang Sudiyo (46), warga Sidomulyo RT 047/RW 016, Sragen Wetan, Sragen bersama empat orang pekerja menimbang surat suara pemilihan gubernur (Pilgub) 2013 yang tidak terpakai untuk dimusnahkan dengan cara lelang pada 25-30 September 2015.

Kemudian Kasubah Umum Keuangan dan Logistik Sekretariat KPU Sragen, Hermawan Wibisono, meminta satpam dan empat pekerja tersebut untuk memindahkan kotak suara di gudang lama itu ke Kantor KPU yang bertempat di Jl. Letjen. Sutoyo No. 74 Sragen, Jumat kemarin.

Hanya saja, KPU dikagetkan dengan ribuan buah bilik suara di ruang tengah gudang KPU lama hilang. Seketika Bambang melaporkan kejadian tersebut kepada Sekretaris KPU Sragen Sutrisna. Sekretaris KPU Sragen langsung melaporkan kejadian itu ke Polres Sragen pada hari yang sama. Tim Reserse Kriminal Polres Sragen langsung mendatang lokasi kejadian setelah menerima laporan Sekretaris KPU. Tim Polres tak menemukan kerusakan pada pintu, jendela gudang, dan gembok.

Polisi meminta keterangan Satpam KPU Sragen dan Kasubag Umum Keuangan dan Logistik KPU Hermawan Wibisono. Kerugian akibat pencurian itu diperkirakan mencapai Rp 496 juta.

BACA JUGA  Ledakan Granat Terkait Teroris ?

Dia menyebut persediaan semula sebanyak 9.954 buah hanya tinggal 334 buah. Untuk menyiasati kekurangan bilik suara tersebut, KPU Sragen akan meminjam logistik KPU Karanganyar yang tidak ada agenda pilkada. (JN01/JN03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...