Jowonews

Anjungan Jateng di TMII Perlu Digarap Serius

JAKARTA – Komisi C DPRD Jateng cukup bangga karena anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sudah dapat dipergunakan sebagai kegiatan kebudayaan dan kesenian. Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Komisi C Sriyanto Saputro saat memimpin rombongan menyambangi Anjungan Provinsi Jawa Tengah di TMII, Kamis (6/7/2023).

Dalam pantauan tersebut, Sriyanto menilai kegiatan tersebut merupakan hal positif untuk dapat melestarikan kebudayaan daerah, khususnya Jawa Tengah. Kemudian juga dapat memberikan pendapatan asli daerah.

“Kebetulan Komisi C melaksanakan pantauan ke Badan Penghubung pada saat hari libur sekolah. Terbukti masih banyak antusias warga, apalagi terlihat Anjungan Jateng dipakai untuk latihan menari, hal ini sudah cukup bagus,” katanya.

Sementara itu, dihadapan Komisi C, Kepala Badan Penghubung Jateng Sarido Maksudi memaparkan perkembangan dan pelaksanaan realisasi pendapatan sampai dengan Juni 2023.

“Untuk PAD terget murni senilai Rp 1,1 miliar, dengan realisasi mencapai 25,06 % terdiri dari pemakaian kekayaan daerah senilai Rp 354 miliar dan tempat penginapan atau Wisma senilai Rp 756 miliar. Dengan realisasi keduanya 8,57% dan 26,71%,” katanya.

Dengan kondisi tersebut, Sarido menjelaskan pihaknya belum terlalu optimal dalam mengoptimalkan PAD. Hal tersebut karena beberapa kendala yang di hadapi Badan Penghubung.

“Banyak persaingan untuk hotel low budget, perlunya perbaikan sarana dan prasarana Wisma Jateng, adanya larangan dari pengelola pusat untuk penyewaan wisma dan pemberlakuan akses masuk. Selanjutnya kami mohon arahan dari Bapak-Ibu Komisi C,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, wakil Ketua Komisi C Sriyanto Saputro menilai hal tersebut akan menjadi kajian dan berkonsultasi untuk dapat menemukan solusi dalam proses pengelolaan anjungan setiap daerah. “Beberapa kendala yang disampaikan akan menjadi kajian kami, dan apabila perlu kami akan berkoordinasi ke Pusat dalam hal ini PT. TWC, sehingga hal-hal yang memberatkan dapat dicarikan solusi bersama,” tutupnya. (Adv)

Bagikan:

Google News

Dapatkan kabar terkini dan pengalaman membaca yang berbeda di Google News.

Berita Terkait